School of Information Systems

Peminjaman Aset Kripto Melalui DeFi Compound Finance

Compound Finance merupakan protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi, Decentralised Finance) yang menjadi pelopor dari DeFi lainnya dalam hal pinjam meminjam aset kripto. Makna pelopor disini karena dalam beberapa aspek, Compound Finance merupakan platform pertama yang memulai adanya perubahan dalam DeFi. Compound juga pelopor dalam mempopulerkan penggunaan pinjaman dengan jaminan kripto dalam hal cryptocurrency. Selain itu, Compound juga berperan dalam pusat pembentukan dan penguasaan ceruk pasar (niche) bersamaan dengan Synthetix.  

Saat ini Compound menjadi top DeFi karena telah mencapai 10 juta dollar Total Value Locked (TVL) atau jumlah token yang dikunci/disimpan di dalam protokolnya bertotalkan 10 juta dollar. Nilai TLV tersebut merupakan jumlah terbanyak dalam sejarah DeFi hingga Maret tahun 2021. Sejarah rekor DeFi Compound tersebut diikuti dengan adanya peningkatan yang sangat impresif setiap bulannya, dimana pada awal 2021 tidak kurang dari 2 miliar dollar TVL yang tersimpan pada protokol Compound. Nilai ini menyatakan bahwa terdapat peningkatan sebanyak 5 kali lipat pada aset yang dipertaruhkan hanya dalam kurun waktu 3 bulan. Ditambah lagi performa harga COMP (token Compound) mencerminkan kenaikan bunga pada produk DeFi Compound.  

Compound Finance yang memiliki TVL sangat tinggi dalam waktu singkat setidaknya memberikan pembuktian mengenai banyaknya pengguna yang memanfaatkan platform tersebut untuk melakukan pinjaman dan memberi pinjaman aset kripto. Terdapat tiga persyaratan utama yang perlu dilakukan untuk melakukan kegiatan pinjam-meminjam di Compound Finance,  

  • Memiliki aset kripto yang didukung oleh Compound seperti BTC, ETH, USDT, USDC, DAI, COMP,BAT, atau ZRX  
  • Memiliki dompet kripto yang didukung oleh Compound diantaranya MetaMask, Ledger, atau Trezor  
  • Memiliki saldo ETH pada dompet kripto untuk membayar biaya transaksi atau fee gas  

Jika persyaratan di atas telah terpenuhi maka peminjam bisa untuk menentukan kuantitas pinjaman yang diinginkan.  

Peminjam perlu mengingat bahwa penggunaan stablecoin seperti USDC lebih baik karena cryptocurrency memiliki volatilitas yang sangat tinggi. Volatilitas cryptocurrency terlihat saat pengguna mendepositkan ETH senilai 10.000 dollar maka penurunan harganya menjadikan ETH bernilai 7000 dollar dalam beberapa hari setelahnya. Sehingga sangat penting untuk menjaga rasio loan-to-value (LTV) tetap rendah untuk memperkirakan perubahan harga. Nilai LTV yang sehat umumnya berada pada titik awal 50%, namun lebih direkomendasikan jika poin awalnya mendekati 20-30%. Dengan rasio LTV aset kripto yang rendah akan mencegah stres, tidak perlu pemeliharaan yang berlebihan, serta menjadi suatu pelindung yang lebih baik dari volatilitas pasar. Hal ini juga berarti bahwa peminjam perlu untuk memiliki kolateral yang lebih banyak daripada yang diekspektasikan, jumlahnya bergantung kepada jumlah pinjaman yang akan diambil.  

Apabila syarat dan saran di atas telah dimengerti maka peminjam dapat melakukan peminjaman aset kripto menggunakan protokol Compound secara instan dengan beberapa langkah berikut:  

  1. Mengunjungi platform Compound  
  2. Hubungkan dompet kripto yang Anda miliki  
  3. Pilihlah jenis kripto yang akan didepositkan dan masukkan jumlah yang ingin  disimpan pada protokol Compound, kemudian klik supply  
  4. Setujui dan tanda tangani dua transaksi agar Compound menggunakan aset kripto yang Anda depositkan dan transaksi deposit lain 
  5. Pilihlah jenis aset kripto yang akan dipinjam dan masukkan jumlah yang ingin dipinjam kemudian klik borrow  
  6. Setujui dan tanda tangani dua transaksi agar Compound mendapatkan izin untuk berinteraksi dengan Compound Smart Contract dan konfirmasi lainnya.  

Setelah beberapa saat transaksi akan terkonfirmasi dan sejumlah aset kripto yang Anda pinjam akan muncul pada dompet kripto.

 

Referensi :

Richard