School of Information Systems

Keunikan dan Persebaran Token Network Synthetix

Synthetix, platform penukar aset synthetix berbentuk desentralisasi yang memegang peran besar dalam hal keuangan terdesentralisasi. Synthetix juga dapat disebut sebagai protokol untuk menjual aset Synthetix kepada Ethereum. Di dalam platform ini digunakan token sebagai kolateralisator aset-aset Synthetix, token tersebut adalah Synthetix Network Token (SNX) yang mana ketika token tersebut telah terkunci dalam suatu kontrak maka aset synthetix dapat diterbitkan. Dengan menggunakan DeFi Synthetix maka pertukaran atau konversi aset Synths dengan smart contract tidak memerlukan pihak ketiga sebagai perantara. Synths biasa bertuliskan dengan awalan “s” seperti sEUR, sUSD, dan lain-lain. Pengguna tidak perlu untuk menjualbelikan tipe Synth yang sama dengan yang telah dicetak dalam bentuk koin. Sepanjang Synths yang digunakan untuk pembayaran memiliki nilai pasar yang sama akan tetap dapat diterima.   

Token SNX yang disetorkan ke Synthetix mencapai 212.424.133 dan kini persebarannya telah mencapai 156.647.723 hingga tahun 2021. Penggunaan ICO atau Initial Coin Offering untuk memasarkan SNX pada awal launching menjadikan Synthetix terjual lebih dari 60 juta token dan berprotfir 30 juta dollar. Sebanyak 100.000.000 token yang terjual (diluar penjualan ICO), 20% hasil penjualan didistribusikan kepada tim dan advisor, 3%-nya dialokasikan untuk hadiah dan biaya marketing, 5% keuntungan digunakan untuk media partner, serta 12% lainnya dimanfaatkan untuk Synthetix Foundation (pengelola DeFi Synthetix) dalam rangka pengembangan perusahaan yang lebih baik.  

Token Synthetix dapat disebut unik sebab memiliki kemampuan untuk mengkonversi Synths tanpa menggunakan pihak rekanan. Semua Synths dapat diperjualbelikan untuk Synths lainnya pada Bursa Synthetix, serta fungsi-fungsi ini tersedia untuk semua level likuiditas. Synthetix network juga dilengkapi dengan sistem penjualan peer-to-contract (P2C) dimana penjual dapat mengeksekusi asetnya dengan cepat dan mudah tanpa memerlukan urutan antrean terlebih dahulu. Kumpulan pemegang token yang terdistribusi sangat memperhatikan dalam penyediaan kolateral pada platform, sehingga stabilitas dari perubahan yang ada dapat dijaga.  

Kemudian apa yang membuat token SNX bernilai? Ketika pengguna membuat Synths maka mereka akan menjadi bagian dari kumpulan hutang platform. Jumlah total hutang adalah sama dengan total seluruh Synths yang ada pada jaringan. Nilai hutang dapat menurun dan naik tidak bergantung kepada nilai asli dari Synths yang dibuat, sehingga pengguna berada pada titik risiko kehilangan aset karena volatilitas harga yang sangat cepat. Sistem Synthetix memberikan syarat kolateral bahwa dengan nilai 750% maka mereka harus mendepositkan 7500 dollar untuk mengasilkan 1000 sUSD.  

Synthetix mengharuskan pengguna untuk mempertaruhkan nilai aset real menggunakan token ERC-20 dimana pengguna dapat mengikuti harga aset dasar. Saat ini Synthetix telah didukung dengan kurensi synthetix fiat, berbagai kripto, dan komoditas. Synthetix menawarkan tipe aset dan token lain seperti token inverse yang mana dapat digunakan untuk menjual aset kripto jangka pendek. Tim pengembang Synthetix mempercayai bahwa protokol ini berpotensi untuk menjadi tulang punggung ekosistem DeFi dan kripto. 

 

Referensi :

Richard