School of Information Systems

Compound Finance Sebagai Aplikasi Keuangan Terdesentralisasi

Platform keuangan terdesentralisasi atau biasa dikenal dengan Decentralised Finance (DeFi) merupakan teknologi berbasis blockchain yang bergelut dalam bidang keuangan, yang mana DeFi ini tidak menggunakan perantara seperti broker, penukar, atau bank untuk menawarkan instrumen keuangan namun menggunakan smart contract pada blockchainnya. Di platform DeFi, pengguna dapat meminjam dan memberi pinjaman berupa dana, menspekulasikan pergeseran harga suatu aset menggunakan derivatif, menjual mata uang kripto, menganalisis risiko, serta mendapatkan bunga seperti pada tabungan bank.  

Compound Finance sendiri dapat didefinisikan sebagai akun tabungan atau simpanan dimana pengguna dapat memperoleh bunga tanpa harus mempercayakan asetnya pada pihak ketiga untuk mengelola asetnya. Compound Finance juga menyediakan layanan peminjaman dan pemberi pinjaman atas aset kripto mereka yang tersimpan pada protokol Compound. Sehingga platform Compound Finance ini dapat digolongkan sebagai DeFi. Seperti pada protokol DeFi lainnya, Compound juga berbasis blockchain Ethereum. Dimana pemberi pinjaman dapat meminjamkan aset kripto kepada protokol DeFi. Dengan Compound Finance, pengguna juga dapat mentransfer, menjual, dan menggunakan uang yang mereka simpan untuk digunakan di aplikasi DeFi lainnya. Compound Finance dibentuk dengan tujuan menjadi suatu platform yang secara utuh bersifat terdesentralisasi dan memiliki otoritas transfer berlandaskan protokol Decentralized Autonomous Organization (DAO) yang dikelola oleh komunitas Compound.  

Token yang digunakan pada Compound Finance disebut sebagai COMP. Dalam token tersebut terdapat cToken yang berfungsi untuk melacak posisi aset yang disetorkan kepada Compound Finance. cToken merupakan token ERC-20 yang akan menyatakan klaim atas sebagian dari kumpulan aset di Compound. Dengan mengunci aset ERC-20 di protokol Compound, depositor akan mendapatkan sejumlah cToken sebagai kolateral yang seimbang dengan jumlah yang didepositkan. Nilai kolateral harus selalu berada di atas nilai minimum ketika peminjam akan berencana melakukan peminjaman uang kripto di Compound. Jika nilai kolateral tidak sesuai syarat maka aset lain akan melikuidasi kolateral untuk membayar pinjaman yang dilakukan. Ketika suatu pembayaran dilakukan, pengguna dapat menarik aset kriptonya yang terkunci di protokol Compound.  

Tingkatan bunga yang di dapatkan di Compound dihitung berdasarkan suplai dan permintaan masing-masing aset kripto. Agar aset kripto mendapatkan bunga, Compund menyediakan pilihan kepada pengguna untuk meminjam aset kripto tambahan melalui cToken yang dihasilkan setiap waktu ketika pengguna mendepositkan aset kriptonya. Token ERC-20 ini juga dapat diperjual belikan atau digunakan di aplikasi terdentralisasi lainnya. cToken ini juga dapat dibuat di Ethereum wallet, jika pengguna ingin meminjam mata uang kripto menggunakan ETH sebagai kolateral maka pengguna akan menerima token Ethereum (Ceth) yang nilainya sebanding dengan ETH yang didepositkan.

 

Referensi :

Richard