School of Information Systems

KORELASI BIG DATA TERHADAP BUSINESS ANALYTICS PADA JASA KEUANGAN

Bussines analytics merupakan suatu term dalam perusahaan yang digunakan sebagai strategi bisnis dan proses dalam organisasi perusahaan sehingga bussines analytics  perlu dilakukan dengan tepat sasaran. Bussines analytics memerlukan  usaha yang sangat besar  mulai dari  proses manufaktur hingga mendesain produk dengan tujuan untuk mendapatkan  pengakuan serta kepercayaan customer. Secara keseluruhan bussines analytics mencoba untuk menjawab permasalahn bisnis, menemukan korelasi, dan memprediksikan hasil yang tidak diketahui dan mengautomatisasi keputusan. Karena kompleksitas dari bussines analytics maka diperlukan Big Data dan Big Data analitik yang digunakan sebagai data acuan dan teknik pengelolaan dalam rangkaian proses tersebut.  

Penggabungan Big data dan Big data analitik digunakan untuk memaksimalkan pembuatan strategi bussines analytics. Analisis bisnis perlu diterapkan hampir di semua jenis bisnis untuk mendukung eksistensi bisnis, berikut merupakan peranan bussines analytics yang dikombinasikan dengan big data pada perusahaan jasa keuangan :  

  • Meningkatkan kepekaan pelayanan  

Pada zaman saat ini yang serba digital, kemudahan untuk mendapatkan informasi mengenai kebutuhan customer pada industri jasa keuangan semakin meningkat melalui big data yang tersedia. Pemanfaatan data analitik menjadi bussines analytics dari data tak berstruktur (gambar, pesan, dan suara) menjadi suatu kunci bagi jasa keuangan untuk memahami kebutuhan customer dan menjadi lebih peka terhadap solusi dari situasi yang ada di tengah masyarakat. Dalam hal ini sangat didukung dengan penggunaan machine learning algorithms, like deep learning, dan analytics of messy data.  

  • Tingkat keamanan yang tinggi  

Big data dan analitiknya memberikan peluang besar dalam deteksi kemungkinan adanya penipuan sehingga sangat menguntungkan pihak jasa keuangan dan customer. Teknologi yang terus ditingkatkan melalui adanya sistem keamanan dan kemudahan akses untuk customer sangat mendukung keakurasian perusahaan dalam melakukan bussines analytics. Sehingga perusahaan jasa keuangan (bank) dapat memantau profil risiko berupa kartu kredit nasabah karena bussines analytics yang menggunakan data analitik memberikan peringatan dini pada sistem dan melakukan pengumpulan data sebaik mungkin.  

  • Aspek Efisiensi  

Efisiensi proses bussines analytics dengan menggunakan big data dapat ditinjau dari perbandingan lama waktu proses analitik bisnis secara konvensional dan penggunaan big data serta tools analitiknya. Seperti contoh penggunaan machine-based analytics yang dapat mengubah sistem data dan analitiknya menjadi automatis sehingga dapat memberikan keterangan manajemen jasa keuangan secara naik dan turun dan mengubah hasil pembacaan menjadi database administrator.  

  • Improvement Produk dan Marketing  

Jasa keuangan seperti bank dan asuransi dapat membuat bussines analytics menggunakan big data yang ada kemudian memahami kebutuhan customer dan menentukan strategi melalui pembuatan produk sesuai kondisi customer. Peningkatan inovasi produk (seperti penawaran jenis asuransi baru atau investasi pada bank) dengan melakukan bussines analytics sebelumnya dapat memudahkan perusahaan jasa keuangan dalam menemukan market dan melakukan marketing sehingga terdapat keefektifan dan keefisiensian waktu.  

 

Sumber :  

PwC.2018. White Paper : Data Analytics in the Financial Services Industry. Indonesia  

Tomas,C. 2018.Role of Data Analytics in Financial Services.URL: https://bigdata.cioreview.com/cxoinsight/role-of-data-analytics-in-financial-services-nid-24894-cid-15.html Diakses 23 maret 202119/03/2021 

Duan,L. dan Xiong, Y.2015.Big Data Analytics and Business Analytics.Journal of Management Analytics.2(1):1-21 

Richard