School of Information Systems

Melakukan testing dengan perangkat mobile

Perkembangan sistem saat ini yang tidak hanya terbatas pada desktop application melainkan sudah sampai aplikasi / web berbasiskan mobile, membuat kita perlu memperhatikan hal – hal penting jika melakukan testing / pengujian aplikasi yang bersifat mobile. Pengujian / testing biasa dilakukan untuk memastikan bahwa sistem / aplikasi yang digunakan berfungsi dengan baik dan meminimalkan resiko bug yang terjadi (karena sangat mustahil menghasilkan 0 bugs dalam pengujian).  

Menurut wikipedia, melakukan testing dengan perangkat mobile berfungsi untuk memastikan kualitas perangkat seluler / mobile, seperti ponsel, PDA, dll. Pengujian dilakukan pada perangkat keras dan perangkat lunak, dan dari sudut pandang prosedur yang berbeda, pengujian terdiri dari pengujian secara research and development, pengujian dari pabrik, dan pengujian bersertifikat dengan standart tertentu. Hal ini melibatkan serangkaian aktivitas mulai dari pemantauan dan pemecahan masalah aplikasi seluler, konten, dan layanan. Di antaranya juga termasuk verifikasi dan validasi perangkat keras dan aplikasi perangkat lunak. Pengujian ini juga harus dilakukan dengan beberapa versi sistem operasi, konfigurasi perangkat keras, jenis perangkat, kemampuan jaringan.  

Hal – hal yang perlu diperhatikan untuk menguji di mobil dengan pengujiannya biasa tidak jauh berbeda dengan pengujian biasa, berikut hal – hal yang perlu diperhatikan : 

  • Waktu proyek dan anggaran yang dimiliki.  

Dengan mengetahui hal ini, ini akan membantu anda menentukan proses dan peralatan mana yang akan bekerja paling baik berdasarkan kebutuhan Anda. 

  • Pengaturan ruangan dan bagaimana anda akan mengambil data dari tes tersebut  

Hal ini perlu memperhatikan bagaimana kita melakukan setting ruangan pengujian, pengunaan alat khusus jika membutuhkan data yang lebih akurat seperti eye tracking  

  • Target pengguna dan perangkat yang digunakan.  

Kita dapat mengunakan tools untuk melakukan analisa web untuk mengetahui berapa banyak pengguna seluler yang mengunjungi situs, perangkat mana yang mereka gunakan, beserta sistem operasinya. Dengan memahami informasi ini, hal ini akan membantu anda mengetahui perangkat mana yang akan diuji. 

  • Apa yang tampil dalam layar peserta. Penting untuk mengetahui spesifikasi tentang: 
    • Jenis ponsel yang harus dimiliki peserta 
    • Jika perlu, generasi ponsel apa peserta 
    • Aktivitas apa yang harus mereka lakukan di perangkat mereka (contoh :“Harap tunjukkan aktivitas online mana yang telah Anda ikuti dalam 30 hari terakhir”). 
    • Bagaimana struktur dari tes ini. 
  • Pertimbangkan seberapa sering Anda perlu melakukan pengujian. 
  • Pastikan ada konektivitas di dalam ruang.  

Ketika kita melakukan pengujian, hal – hal berikut yang perlu diperhatikan : 

  • Dianjurkan untuk meminta mereka menguji menggunakan perangkat mereka sendiri. Ini menghilangkan masalah yang terkait dengan perangkat, atau sistem operasi yang tidak mereka kenal. Kita pelu mendorong pengguna untuk menggunakan perangkat senormal mungkin dan menggunakan kamera jika diperlukan. 
  • Perhatikan pencahayaan di ruang uji atau lab. Pencahayaan di atas kepala dapat menyebabkan silau pada layar, yang dapat mengganggu perekaman. Meredupkan lampu di ruangan atau menyesuaikan posisi kamera atau perangkat akan membantu membuat gambar yang diambil dapat lebih baik. 
  • Anda tidak hanya harus menguji coba skenario dan konektivitas ruangan tempat Anda menguji, tetapi juga melakukan uji coba dengan sebanyak mungkin dengan skenario jenis dan operator telepon yang berbeda. 
  • Pertimbangkan untuk menyediakan kain pembersih kering untuk membersihkan layar sebelum pengujian  yang berfunsgi untuk meningkatkan kejernihan gambar 
  • Berhati-hatilah agar perangkat tidak terlalu dekat dengan komputer yang diuji. Perangkat yang memancarkan sinyal, seperti telepon – dapat menyebabkan suara yang bising bagi pengamat jarak jauh. 
  • Bacakan tugas untuk mereka, dan/atau berikan tugas tersebut dalam bentuk cetak. 

References: 

Ferdianto, S.Kom, M.MSI