School of Information Systems

Mengenal Apa Itu Personal Branding

Apa yang muncul pertama kali di pikiran kita ketika mendengar nama Agnes Monica? Pasti langsung tertuju kepada pekerjaannya yaitu seorang penyanyi handal, professional, Internasional dan lain-lain. Hal ini merupakan personal branding dari Agnes Monica yang dikenal sebagai seorang penyanyi, sehingga dapat diartikan bahwa personal branding merupakan bagaimana kita mempromosikan diri, kita ingin dikenal sebagai seseorang yang seperti apa entah itu pada kehidupan sehari-hari atau pada media digital seperti media sosial seperti keterampilan, pengalaman, hingga kepribadian kita. Banyak orang berpikir bahwa personal branding hanya diperuntukkan untuk pebisnis atau orang-orang yang terkenal. Personal Branding berguna bagi semua orang dimana saat ini persaingan di dunia semakin ketat seperti mencari pekerjaan sehingga banyak orang berlomba untuk menunjukkan bahwa mereka yang terbaik.

Apakah personal branding merupakan pencitraan? Personal branding berbeda dengan pencitraan. Jika dilihat dari segi waktu, personal branding membutuhkan waktu yang lama untuk membangunnya, sedangkan pencitraan tidak membutuhkan waktu yang lama. Personal branding membangun cerita dari apa yang kita miliki seperti keterampilan, keunikan, serta apa yang kita katakana dapat dibuktikan melalui perbuatan, sedangkan pencitraan cenderung menutupi kekurangan atau melebih-lebihkan apa yang kita miliki.

Berikut ini manfaat dari personal branding :

  • Memudahkan dalam mencari pekerjaan

Personal branding yang terbangun memudahkan kita dalam mencari pekerjaan karena orang lain mengetahui apa yang menjadi kelebihan atau keunikan kita dimana membuat kita memiliki nilai lebih dibandingkan dengan orang lain.

  • Menumbuhkan kepercayaan pada diri

Saat kita fokus dalam membangun personal branding, kita akan cenderung mengenal siapa diri kita, apa yang menjadi kelebihan bahkan kita fokus mengubah apa yang menjadi kelemahan menjadi sebuah kelebihan, hal ini dapat berdampak positif pada tumbuhnya kepercayaan diri, dimana kita melihat diri kita sebagai pribadi yang memiliki kelebihan dan tidak menjadi down karena kelemahan yang dimiliki.

  • Menambah relasi

Keterampilan atau keunikan yang kita miliki dapat menambah relasi dengan orang-orang yang profesional dimana memiliki kesamaan terhadap apa yang kita sukai.

Risky Tri Sandi