School of Information Systems

Content Marketing Platforms

Apa itu Content Marketing Platform (CMP)? Sebelum anda menentukan beberapa platform yang tersedia, terlebih dahulu anda harus mengetahui apasih Content Marketing Platform itu? Content Marketing Platform atau yang biasa disingkat menjadi CMP yaitu sebuah solusi perangkat lunak yang dapat membantu pemasar menjadi lebih sukses dalam mendorong kesadaran, prospek, dan pendapatan dari konten mereka.

Selain itu, platform ini juga dapat memungkinkan pendekatan berbasis data, skalabel, dan multi-saluran di empat area proses: strategi, produksi, distribusi (publikasi dan promosi) dan analitik. Walaupun ada banyak solusi yang tersedia untuk membantu pemasar bekerja melalui setiap proses contohnya seperti Content Management System (CMS), namun CMS ini berbeda dengan CMP. Karena CMS ini dirancang untuk menjalankan situs web perusahaan dan untuk menghindari kebutuhan akan pengkodean manual. Sedangkan CMP dirancang untuk mengatur pengembangan, pengiriman, dan analisis konten ke CMS, serta banyak jenis entitas media digital lainnya. Elemen dasar dari CMP adalah kemampuannya untuk berinteraksi dalam ekosistem tim pemasaran, proses, dan teknologi, tanpa menjadi satusatunya penghubung untuk pengiriman konten. Manfaat Apa Saja Ketika Menggunakan Content Marketing Platform (CMP)? Berikut adalah benefit-benefit ketika menggunkan CMP :

1) Alur Kerja Lebih Efisien CMP membantu mempercepat pembuatan, pengoptimalan, dan promosi konten Anda dengan mengotomatiskan tugas yang berulang dan menggunakan algoritme cerdas untuk mengurangi siklus pengujian dan pengoptimalan yang memakan waktu.

2) Analisis dan Pengoptimalan yang Lebih Mudah Alat analisis dan pengoptimalan juga memudahkan untuk mengidentifikasi fitur konten berkinerja terbaik sehingga Anda dapat mereplikasi kesuksesannya.

3) Integrasi Martech yang Mulus CMP yang benar-benar terintegrasi juga akan menyediakan integrasi dua arah dengan otomatisasi pemasaran dan alat manajemen hubungan pelanggan untuk merampingkan akses tim Anda ke konten dan meningkatkan kampanye pembuatan permintaan.

4) Wawasan yang dapat ditindaklanjuti & data ROI

CMP memberikan gambaran holistik tentang efisiensi operasional dan dampak konten Anda sehingga tim Anda dapat meningkatkan apa yang berhasil, mengoptimalkan apa yang tidak, dan menunjukkan ROI. Pelacakan yang berpusat pada konten sangat penting untuk mengidentifikasi topik, format, dan saluran mana yang paling banyak mendorong lalu lintas dan keterlibatan. Anda juga akan menginginkan kemampuan untuk menemukan tindakan yang dilakukan audiens Anda setelah mengonsumsi konten dan jumlah konversi yang dihasilkan. Dan jika CMP Anda memiliki integrasi yang tepat, Anda harus memiliki kemampuan untuk memetakan inisiatif konten secara langsung ke pendapatan dan ROI.

5) Kepatuhan dan Konsistensi yang Lebih Baik Dengan menggunakan platform terpusat untuk mengelola semua produksi konten memastikan dapat konsisten dan bahwa semua komunikasi pemasaran anda mematuhi standar yang ditetapkan dan sesuai dengan peraturan dan pedoman yang berlaku.

Apa saja Fungsi yang Terpenting dalam CMP?

Beberapa fungsi yang terpenting dalam CMP yaitu yang pertama ada Riset dan Pembuatan Konten, dimana banyak platform yang akan memberi anda alat untuk penelitian kata kunci dan juga membantu anda untuk membuat konten seperti mencari gambar, mengoptimalkan tata letak konten Anda untuk SEO dan konversi, dan lainnya.

Yang kedua adalah Kolaborasi dan Manajemen Proyek, anda harus memastikan beberapa orang yang terlibat dalam pemasaran konten anda dapat bekerjasama atau tidak, berkomunikasi dengan baik, dan yang terpenting dapat berkolaborasi secara efisien atau tidak. Selain itu CMP ini menyertakan alat untuk membantu anda mengelola seluruh proses produksi konten dengan beberapa anggota tersebut.

Lalu yang ketiga ada Manajemen Konten, dimana CMP akan membantu Anda mengelola semua konten Anda – konten yang ada dan baru yang Anda buat di dalam platform. Setelah itu ada Promosi Konten, Promosi Konten ini juga sangat penting agar rencana konten pemasaran anda dapat berjalan dengan sukses. Dan yang terakhir ada Analytics dan Optimasi, dimana dibagian ini merupaka kunci suksesnya konten pemasaran anda. Platform pemasaran konten Anda akan mengumpulkan data untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang kinerja konten Anda sehingga Anda dapat meningkatkan konten yang ada dan mengoptimalkan produksi konten baru.

Siapa yang Menjual CMP? Dan yang terakhir, anda dapat menemukan banyak perusahaan yang menjual CMP ini dengan dari tampilan sepintas situs web mereka. Contohnya seperti CMP Curata yang dirancang untuk CMP B2B dan juga untuk membantu mendorong prospek dan pendapatan dari konten.

Dikarenakan kemajuan teknologi, sekarang terlihat perubahan besar dalam tipe konten yang target audiens butuhkan dan cara mereka mengkonsumsi konten tersebut. Namun, orang-orang di pemasaran masih membuat rencana, merancang, menerbitkan, dan mengukur Content Marketing mereka dengan cara yang masih tergolong campur aduk. Karena ini, Content Marketing, yang mepunyai tujuan untuk menambah profit dan mengumpulkan audiens yang lebih untuk suatu organisasi, masih berjalan dengan keefektifan yang belum optimal. Diperlukan sebuah solusi untuk menjembatani kemajuan teknologi dengan Content Marketing.

Dewasa kini, dengan kemajuan teknologi muncul solusi baru untuk melakukan content marketing dengan lebih baik dan efektif. Content Marketing Platform (CMP) adalah sebuah solusi berupa perangkat lunak yang dapat membantu bagian marketing dalam organisasi untuk mengatur (manage) dan memusatkan (centralize) semua bagian proses marketing dari planning dan briefing hingga kolaborasi dan persetujuan. Secara lebih singkat, CMP mapu menyingkatkan end-to-end process dari membuat konten untuk menjadi Content Marketing. CMP dapat memberikan sebuah environment di dalam itu organisasi secara global dapat mengeksekusi strategie-strategi mereka dan mengukur seberapa activitas bisnis dan output dari aktivitas mereka selaras dengan tujuan bisnis (business objective) mereka. CMP merupakan solusi marketing yang terjadi karena kemajuan teknlogi terutama di bidang networking sehingga dapat membantu organisasi-organisasi di era modern ini.

Content Marketing Platform memudahkan orang-orang di pemasaran untuk mengabiskan lebih banyak waktu dalam membuat konten-konten yang lebih baik. Konten-kontent tersebut dapat berguna untuk menambahkan pemasukan organisasi. Selain itu, CMP dapat memotong waktu dalam mencari workflow dan mengumpulkan persetujuan. Lebih lagi, CMP juga memotong biaya operasional. Sehingga, CMP dapat meningkatkan efisiensi dalam membuat kontent untuk Content Marketing.

Content Marketing Platform dapat banyak berkontribusi dalam memberikan keuntungan untuk organisasi. Keuntungan-keuntungan tersebut ialah:

  1. Efisiensi

Seperti dalam paragaf sebelumnya, CMP mampu meningkatkan efisiensi dalam membuat konten yang berkontribusi pada produk yang ditawarkan suatu organisasi. CMP dapat menghilangkan tugas-tugas yang repetitif dalam memproduksi konten. Sehingga, akan lebih banyak waktu yang dapat digunakan untuk membuat konten.

  1. Kolaborasi

CMP mampu memusatkan setiap feedback dan komunikasi di dalam produksi konten dalam suatu lingkungan. Strategi yang digunakan dalam Content Marketing akan terpusat di dalam lingkungan tersebut, sehingga akan rendah resiko untuk miskomunikasi atau misinformasi.

  1. Penegukuran

Organisasi dapat menggunakan CMP untuk mengukur kinerja dari Content Marketing yang sebelumnya dilakukan. Dari ini, organisasi dapat mengetahui apa yang salah dan juga yang benar dalam kegiatan tersebut. Jadi, mereka mampu untuk membuat Content Marketing yang lebih baik lagi.

  1. Pedoman

CMP akan memastikan bahwa setiap material dalam pembuatan Content Marketing mengikuti pedoman (guidelines) dan standar sebelum mereka dipublikasikan ke pasar. Sehingga, kualitas dari konten-konten akan lebih terjaga.

Referensi :

https://marketinginsidergroup.com/content-marketing/how-choose-content-marketingplatform-business/

GetCraft. (2020, May 26). Memahami Apa Itu Marketing Content. Retrieved from Marketing Craft: https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/apa-itu-content-marketing

Percolate. (n.d.). Content Marketing Platforms Drive Business Impact. Retrieved from Percolate: https://percolate.com/content-marketing-platform-solutions

Takacs, K. (2018, July 18). What is a Content Marketing Platform? Retrieved from Insights: https://insights.newscred.com/what-is-a-content-marketing-platform/

Dibuat oleh :

2301954671 – Ivan Farhan Amien – Business Information Technology

2301945231 – Ni Made Aulia Sinta Dewi – Business Information Technology

D5181 – Ferdianto, S.Kom, M.MSI – SCC Information Engineering

Ivan Farhan Amien, Ni Made Aulia Sinta Dewi, Ferdianto, S.Kom, M.MSI