School of Information Systems

Bagaimana Melakukan Sharing Content yang Baik di Social Media

Sebelum masuk ke Content Marketing, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu konten. Content adalah sebuah informasi / sebuah tujuan yang ingin di sampaikan oleh content creator. Contoh konten: Content menghibur / entertainment, content edukasi, content music, content gaming, dan masih banyak lagi.

era sekarang, banyak sekali orang yang mau menjadi Content Creator karena dianggap mudah oleh sejumlah orang, melakukan hobi dan mendapatkan penghasilan dari hobi yang kita buat sebagai Content. Tapi jika semua orang ingin menjadi Content Creator, artinya akan banyak persaingan di pasar / di media sosial / platform untuk sharing. Artinya jika kita ingin menjadi Content Creator, kita harus memiliki kelebihan dibanding Content Creator lain agar content kita menjadi laku. Lalu bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengetahui apa itu sharing content.

Sharing Content adalah suatu cara dimana seorang content creator mempromosikan content mereka, contohnya content creator mempromosikan content mereka di facebook, twitter, youtube, tik-tok, dan di sosial media lainnya. Sebelum mereka sharing content, mereka harus membuat content terlebih dahulu.

Untuk masa sekarang, menurut saya hampir semua content setidaknya harus mengandung entertainment meskipun sedikit, karena masyarakat Indonesia sangat menyukai content yang berbau entertainment.

Berikut adalah tips untuk membuat content dengan baik:

  • Memiliki fondasi yang kuat Kebanyakan Content creator sekarang, mereka sangat mengikuti traffic dan akibatnya konten yang mereka buat kualitasnya menjadi menurun karena mereka tidak melakukan sesuatu yang mereka sukai, mereka hanya mengincar views. Dan untuk content creator yang tidak memiliki fondasi yang kuat, kebanyakan dari mereka cepat menghilang dan cepat menyerah karena jika mereka sudah mengikuti traffic namun viewsnya tidak sesuai ekspektasi, mereka akan kecewa dan berhenti.
  • Punya ciri khas Contoh content creator yang baik adalah content creator yang memiliki ciri khas / berbeda dengan orang lain seperti editannya, pembawaannya, skillnya, dan tentu kualitasnya.
  • Konsisten Jika penonton sudah tertarik dengan kita, mereka pasti akan terus mencari dan menunggu kita mengupload content yang baru, maka dari itu konsisten disini berperan penting untuk menarik dan menjaga penontonnya agar tetap melihat content yang kita buat. Dan beberapa platform memiliki algoritma yang secara tidak langsung mengharuskan Content creator untuk konsisten dalam mengupload atau content yang mereka buat akan sulit untuk muncul di beranda penonton. Tips Sharing Content:
  • Menentukan market Sebelum kita membuat content, tentunya kita harus tau dulu target market kita itu siapa. Jika kita sudah tau target market kita siapa maka kita menjadi lebih mudah untuk menyediakan content yang akan kita buat dan juga kita menjadi lebih mudah untuk menganalisa orang-orang yang menonton dan memungkinkan untuk menonton video kita, karena skupnya menjadi lebih kecil.
  • Melakukan analisa Setelah menentukan target market, kita harus melakukan analisa target market kita seperti kapan penonton kita memiliki waktu luang / waktu kosong, kapan penonton kita membuka sosial media, bagaimana cara membuat mereka tertarik dengan content kita, dll.
  • Mempelajarin algoritma sosial media Semua sosial media memiliki algoritmanya masing-masing, jika kita mengikuti algoritma yang ada di sosial media, content kita akan lebih dipromosikan oleh sosial media, contohnya seperti Youtube, jika kita mengikuti algoritma youtube, youtube akan merekomendasikan video kita di beranda orang lain.
  • Caption yang menarik Saat membagikan content yang kita buat, pastikan kalau kita menulis caption yang menarik dan berhubungan dengan content yang kita buat agar penonton lebih tertarik dengan content yang kita buat dan membuat koneksi dua arah antara content creator dan viewers.

Referensi:

https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-content-marketing/

https://medium.com/@fattul/8-strategi-share-konten-di-media-sosial-secara-efektif1a49717bedff

Dibuat oleh :

2301902604 – William Boeytan Kasman – Business Information Technology

D5181 – Ferdianto, S.Kom, M.MSI – SCC Information Engineering

William Boeytan Kasman, Ferdianto, S.Kom, M.MSI