School of Information Systems

Social Network

Social Network (Jaringan sosial) membahas mengenai jaringan sosial dan interkoneksi antara pengguna situs media sosial berbasis Internet untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, kolega, pelanggan, dan klien. Social Network dapat memiliki beberapa tujuan, seperti tujuan sosial, tujuan bisnis, atau keduanya melalui situs-situs online. Social Network merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Social networking sering disebut sebagai jaringan pertemanan. Social Network telah menjadi basis yang signifikan bagi pemasar yang ingin melibatkan pelanggan.

Layanan Social Network biasanya berbasis website, dilengkapi dengan berbagai macam fitur bagi penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Contoh situs Social Network yang populer sekarang ini yaitu Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram. Social Network melibatkan pengembangan dan pemeliharaan hubungan pribadi dan bisnis dengan menggunakan bantuan teknologi. Hal ini dilakukan melalui penggunaan situs jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Situs ini memungkinkan orang dan perusahaan untuk terhubung satu sama lain sehingga mereka dapat mengembangkan hubungan dan agar mereka dapat berbagi informasi, ide, dan pesan.

Social Network biasanya sering digunakan oleh para marketers karena dapat meningkatkan pengenalan brand dan loyalitas brand. Karena dengan adanya Social Network, dapat membuat perusahaan lebih mudah diakses oleh pelanggan baru dan lebih dikenal oleh pelanggan yang sudah ada, pemasaran sosial media juga dapat digunakan untuk membantu mempromosikan brand dengan konten-konten menarik.

Hubungan Information Architecture, Social Network dan KMS

Kaitan Information Architecture, Knowledge Management dan Social Network Analysis merupakan hubungan yang saling terkait secara reciprocal antara people dan content.

Social Network Analysis

Social Network Analysis (SNA) melakukan pemetaan dan mengukur hubungan dan aliran informasi diantara people, group, organization, computer atau entitas pemrosesan informasi lainnya.

Pengukuran Social Network meliputi parameter berikut:

  • Degree Centrality: Jumlah koneksi langsung yang dimiliki suatu node (simpul). Hal yang perlu diperhatikan adalah dimana hubungan terjadi dan bagaimana mereka terhubung, dan sebaliknya.
  • Betweenness Centrality: Suatu node (simpul) diantara perantara tertinggi yang memiliki pengaruh terbesar mengenai aliran apa saja dalam jaringan yang mengindikasikan hubungan penting dan single point of failure.
  • Closeness Centrality: Mengukur kedekatan dari suatu node (simpul) yang berdekatan. Pola hubungan langsung dan tidak langsung memungkinkan node-node lain dalam jaringan lebih cepat dari pada orang lain.
Jennifer Alexandra