School of Information Systems

Perbedaan antara IA (Information Architecture) vs IxD (Interaction Design)

Di dunia digital, kata desain sering diartikan terlalu harfiah untuk berarti desain grafis meskipun industri berkembang menjadi lebih kompleks dari itu. Information Architecture dan Interaction design adalah istilah digital yang membingungkan orang-orang di luar industri desain atau yang baru mengenalnya.

Berikut ringkasan singkat dari kata-kata diatas untuk membantu kalian memahami artinya.

  1. IA (Information Architecture) 

Information Architecture (IA) adalah melibatkan bagaimana cara situs web/aplikasi disusun dan bagaimana konten diatur. Tujuannya adalah untuk membantu pengguna menemukan informasi dan menyelesaikan tugas. Contohnya, IA melibatkan pembuatan sketsa menu tingkat atas dan juga memisahkan konten ke dalam kategori oleh ahli strategi konten.

Beberapa kualifikasi untuk IA: 

    • Berpengalaman mendokumentasikan properti digital yang kompleks (conoth: situs web, aplikasi seluler, produk, dan layanan sistem).
    • Dokumentasi yang sangat terperinci, kemampuan untuk menemukan perbedaan, celah, dll di antara dokumentasi situs yang kompleks.
    • Mahir dalam menggunakan Axure, OmniGraffle, Keynote, Visio dan juga program lainnya yang terkait langsung dengan IA.
    • Memiliki perhatian terhadap detail dan juga memiliki kemampuan untuk menemukan perbedaan dan celah dalam dokumentasi komposit properti digital.
    • Memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan pendekatan IA dengan menganalisis informasi yang tersedia.
    • Harus menjadi contoh diri yang percaya diri dan termotivasi. 

 

2. IxD (Interaction Design) 

Interaction Design (IxD) bertujuan untuk memberikan hubungan yang menguntungkan antara pengguna dengan produk dan layanan yang berinteraksi dengan mereka, seperti ponsel, komputer, dan gadget lainnya.

Apa peran dari Interaction Designer? 

    • Interaction Designer bertanggung jawab atas motion design, seperti animasi pada aplikasi dan situs web, dan kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan pengguna.
    • Berkolaborasi dengan desainer lain, products engineers, dan researchers selama proses desain dalam mengembangkan produk yang efisien dan interaktif.
    • Mengantisipasi kebutuhan pengguna dan campaign mereka untuk memastikan produk akhir memenuhi tujuan dan harapan mereka. 

 

Referensi: 

https://uxplanet.org/ux-vs-ui-vs-ia-vs-ixd-4-confusing-digital-design-terms-defined-1ae2f82418c7 

https://medium.com/swlh/ux-vs-ui-vs-ia-vs-ixd-4-confusing-digital-design-terms-explained-222f3bcc3255 

https://flexdesignux.wordpress.com/2019/10/03/ux-vs-ui-vs-ia-vs-ixd-4-istilah-desain-digital-yang-membingungkan/ 

Muhammad Thaha Rizieq Hentihu