School of Information Systems

Gamifikasi dalam Desain UX: Merancang Pengalaman Menyenangkan untuk Situasi Serius

Gamification memberdayakan desainer untuk mendorong emosi manusia yang secara otomatis berarti produk memiliki lebih banyak peluang untuk menjadi sukses karena mendapat reaksi pengguna. Itu menjadi luar biasa dan menonjol.

Gamification telah menjadi salah satu tren desain UX yang paling menarik dalam beberapa tahun terakhir. Terlepas dari “keseriusan” tugas yang dilakukan menggunakan aplikasi, pengguna masih lebih memilih pengalaman seluler yang membuat tertawa dan menyenangkan. Gamifikasi dapat menjadi solusi luar biasa untuk banyak aplikasi.

Apa itu gamifikasi, dan mengapa kita butuh kesenangan?

Dunia saat ini penuh dengan konsumen game. Industri ini berkembang pesat, dan teknologi canggih menjanjikan peningkatan pengalaman bermain game yang lebih menarik dalam waktu dekat. Pengguna modern menyukai game, dan mereka selalu senang bertemu dengan elemen game di luar game itu sendiri, misalnya, di aplikasi seluler.

Gamifikasi adalah teknik memasukkan mekanisme game ke dalam produk non-game. Ini adalah wujud kepedulian terhadap pengguna, saat merek mencoba membuat produk UX menyenangkan dan menghibur, seperti game. Kita dapat melihat gamifikasi dalam aplikasi keuangan, sistem perbankan digital, aplikasi perawatan kesehatan, aplikasi pembelajaran bahasa, dll. Ini telah menjadi komponen penting dari banyak aplikasi seluler dan produk perangkat lunak yang hebat. Biasanya, ini melibatkan animasi dan ilustrasi yang meningkatkan UX.

Jenis mekanik game dalam desain UX

Desainer UX menggunakan berbagai jenis mekanisme game untuk meningkatkan pengalaman seluler dan web. Ini memungkinkan peningkatan keterlibatan pengguna, membangun loyalitas terhadap pembuat aplikasi, dan mempertahankan pengguna. Ada lima jenis mekanik game yang paling populer.

  1. Lencana dan stiker

Lencana dan stiker (badge and sticker)  biasa ditemukan pada video game. Kita dapat menggabungkannya ke dalam experience aplikasi seluler dan memberi penghargaan kepada pengguna karena mengumpulkan sejumlah poin. Walaupun terlihat sangat kecil dan tidak penting, sebagian besar pengguna mengakui bahwa mereka merasakan kepuasan tertentu ketika pekerjaan selesai dan mendapatkan notifikasi. Sekarang, pertimbangkan pemberitahuan ini jika disertai dengan hadiah (seperti lencana atau stiker, misalnya). Hal ini dapat  meningkatkan kepuasan pengguna.

Lencana bertindak sebagai pengaturan target serta perangkat pengenalan yang memotivasi pemain untuk bekerja keras menuju tujuan gamifikasi. Prospek mendapatkan lebih banyak lencana diakui sebagai salah satu alat keterlibatan pemain terbaik. Memberi tahu siswa/murid bahwa upaya mereka dicatat dan dihargai membantu mereka bergerak menuju tantangan belajar yang lebih besar.

(Sumber: https://www.orliggamification.com/blog/gamification-badges)

Berikut adalah beberapa jenis utama lencana gamifikasi yang biasa digunakan:

  1. Lencana Dasar: Ini adalah yang paling umum digunakan dan dalam bentuk lambang yang diberikan kepada pengguna yang mencapai target mudah / dasar permainan.
  2. Achievement Badges: Maju setingkat lebih tinggi, ini diberikan kepada pengguna karena menyelesaikan target kompleks dalam prosedur gamification. Lencana pencapaian juga diberikan untuk acara pertama kali seperti peserta pelatihan yang membuat kesepakatan penjualan pertama yang sukses.
  3. Penghargaan: Ini diberikan sebagai pengakuan atas upaya satu kali eksklusif. Pengguna yang menyelesaikan seluruh modul pelatihan, misalnya, dapat diberikan penghargaan atas penyelesaiannya.
Nuril Kusumawardani