School of Information Systems

Analyzing Facebook Metrics

Facebook adalah media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak menurut statista.com dengan jumlah pengguna per 24 November 2020 mencapai hingga 2.7 milyar pengguna aktif tiap bulannya. Banyaknya pengguna facebook juga berarti besarnya peluang bagi setiap bisnis usaha untuk berkecimpung di dalam facebook.

Banyak berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan dengan facebook, misalnya saja facebook memiliki fitur untuk kita mencari grup dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dengan kita, tentu hal ini dapat mempermudah kita dalam melakukan bisnis. Untuk memulai berbisnis di Facebook hal-hal yang perlu diperhatikan adalah seperti anda harus menyiapkan gambar profile akun bisnis anda sesuai dengan logo yang telah anda tentukan dengan tim anda yang sudah di design sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian orang dan meyakinkan banyak orang.

Kemudian adalah melakukan update postingan secara teratur agar orang mengenali dan meyakini akun anda lebih dalam dengan adanya postingan yang menarik, berbeda jika akun anda tidak memiliki postingan sama sekali, maka tentu saja orang akan berpikir apakah akun anda ini benar atau apakah akun ini sudah tidak aktif lagi yang akan membawa kerugian kepada kita karena tidak dapat menarik calon customer dengan baik.

Memanfaatkan fitur grup dengan baik juga dapat menjadi cara yang efektif, karena dengan begitu target anda akan tertuju pada mereka yang memiliki minat yang sama dengan bisnis anda. Kemudian facebook juga memiliki fitur “Facebook ads”. Dengan fitur ini maka anda tidak perlu repot-repot mencari target pasar atau target iklan anda karena dengan memnafaatkan ini dengan baik maka postingan dan iklan anda akan secara otomatis tertampil pada halaman orang dengan behavior atau minat yang mengarah pada bisnis anda. Untuk menggunkannya pertama anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan marketing yang tepat untuk anda, kemudian anda akan ditanya dengan pertanyaan seperti “apa hasil terpenting yang saya inginkan dari iklan ini?”, kemudian anda memilih pemirsa dengan mengisi ketentuan-ketentuan.

Anda juga bisa menentukan tempat yang sesuai untuk iklan anda sesuai dengan keinginan anda sendiri seperti di Facebook, Instagram, Messenger, Audience Network, atau bahkan pada device-device tertentu saja. Namun untuk menggunakan fitur ini, anda harus membayarkan sejumlah uang kepada facebook, seberapa lama iklan anda akan ditampilkan sesuai juga dengan dana yang telah anda keluarkan untuk facebook. Maka dari itu planning finansial anda harus matang untuk menggunakan fitur ini karena fitur ini membutuhkan dana untuk digunakan. Kemudian jika anda sudah menentukan anggaran yang akan digunakan, anda dapat menentukan format iklan yang akan ditampilkan, apakah itu dalam bentuk video, postingan gambar, atau tayangan slide sesuai dengan konten yang cocok dengan anda dan yang sudah anda design dengan baik agar terlihat menarik dan mendapatkan perhatian dari audiens anda, anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah target audiens anda lebih tertarik dengan video atau dengan gambar atau dengan infographic atau dengan hal lainnya.

Anda tidak perlu mengubah agar konten anda dapat ditampilkan pada platform yang berbeda-beda, tetapi facebook sendiri yang akan menyesuaikan dengan konten anda agar konten tersebut dapat tampil meskipun di platform atau device yang berbeda. Jika anda sudah menyelesaikan hal tersebut maka tugas anda selanjutnya adalah untuk tidak langsung lepas tangan dan membiarkan saja karena anda dapat mengukur dan mengelola iklan yang telah anda publish agar anda dapat mengetahui seberapa efektif iklan yang telah dibuat, atau apakah iklan yang satu lebih efektif daripada yang lainnya sehingga anda dapat melakukan perubahan-perubahan yang diperlukan untuk mencapai target anda.

Setelah semua proses anda jalankan, maka anda harus tetap aktif di facebook untuk tetap melakukan posting secara rutin dan memberikan respon-respon yang postitif terhadap potensial customer anda. Untuk dapat memberikan hasil yang lebih baik lagi maka anda juga harus memberikan alamat lengkap di profile, nomor kontak atau link website anda sehingga customer anda akan semakin yakin dengan bisnis anda.

Facebook sangatlah bermanfaat untuk hal yang seperti ini, jumlah pengguna sosial media lainnya belum ada yang dapat melampaui facebook, maka dari itu anda harus dapat memaksimalkan semua potensial yang ada terutama di dalam facebook ini. Dengan pengguna bulanan mencapai hingga 2.7 milyar, maka facebook adalah platform yang tepat bagi anda untuk melakukan marketing anda, yang anda perlukan hanyalah analisis yang baik serta melakukan design yang baik terhadap konten anda karena dengan begitu anda sudah dapat melakukan iklan di facebook. Serta jangan lupa untuk tetap menjaga reputasi bisnis anda dengan memberikan customer anda feedback yang positif dan menjaga agar konten anda adalah konten orisinil milik anda dan bukan hasil dari plagiat atau mengambil konten milik orang lain yang kemudia anda tandai sebagai milik anda sendiri, karena hal ini adalah melanggar hukum dan pastinya akan menurunkan reputasi bisnis anda dan bisa saja anda juga dikenakan pasal-pasal huku yang berlaku sesuai dengan ketentuan.

Referensi:

https://id-id.facebook.com/business/ads

https://www.statista.com/statistics/264810/number-of-monthly-active-facebook-usersworldwide/

Dibuat oleh :

2301926655 – Phileo Nanda Wicaksana – Business Information Technology

D5181 – Ferdianto, S.Kom, M.MSI – SCC Information Engineering

Phileo Nanda Wicaksana, Ferdianto, S.Kom, M.MSI