School of Information Systems

Mengenal Apa itu Smart Home System

Semakin berkembangnya inovasi teknologi saat ini, membawa kepraktisan tidak hanya dalam urusan bisnis dan pekerjaan melainkan juga dalam urusan rumah atau hunian. Salah satu contohnya adalah hadirnya teknologi sistem rumah pintar atau biasa disebut dengan smart home systemSmart home system secara sederhana dapat diartikan sebagai bangunan rumah yang dilengkapi teknologi canggih, sehingga seluruh perangkat dan sistem tersebut dapat saling terhubung, sehingga pemilik rumah dapat mengendalikan perangkat (perlengkapan maupun peralatan) di dalam rumah secara jarak jauh. Untuk mengendalikan perangkat secara jarak jauh tentunya dengan mengandalkan koneksi internet dimana perangkat seluler (smarthphone) berperan sebagai media/remote-nya. Teknologi smart home system ini dapat menjadi pilihan yang sangat baik bagi orang-orang yang memiliki mobilitas padat karena dapat mengontrol segala perangkat yang ada di rumah dari jarak jauh. Aspek hunian yang dapat diatur melalui smart home system dapat bervariasi. Berikut ini adalah beberapa contoh teknologi yang dapat diterapkan pada smart home system: 

  • Kunci Pintar (Kunci Bluetooth) 

Salah satu contoh teknologi pada smart home adalah smart lock atau kunci pintar. Kunci pintar merupakan teknologi tanpa kunci untuk menjaga rumah tetap aman bahkan ketika pemiliknya sedang tidak ada di rumah. Gembok tanpa kunci ini berfungsi dengan perangkat Android, iOS atau Windows yang berjalan dengan menggunakan Bluetooth. Smart lock ini memiliki sistem kerja IoT (Internet of Things) yang kuat yang sekarang tersedia dalam banyak merek seperti Noke, Samsung, dan lain sebagainya. Pemilik rumah dapat mengontrol kunci pintar tersebut melalui smart phone, dimana pemilik rumah dapat membiarkan tamu masuk atau keluar, ketika telah mengunci dan meninggalkan rumah. Selain itu, pemilik rumah juga dapat melihat laporan siapa saja yang telah masuk atau keluar dari rumah berdasarkan akun pemegang kunci. 

  • Kamera CCTV Pintar 

Contoh lain dari teknologi pada smart home adalah kamera cctv pintar. Teknologi ini juga penting untuk keamanan rumah. Melalui kamera ini, pemilik rumah akan menerima peringatan ketika seseorang memasuki kamar atau pintu dibuka dan juga menawarkan sistem dua arah yang juga dapat dihubungkan ke perangkat smart home lainnya.

  • Kasur dengan Sleeper Monitoring 

Kasur ini memiliki sejumlah sensor yang dapat melacak pola pernapasan, detak jantung, dan lain sebagainya serta dapat menyarankan perubahan untuk pola tidur yang lebih baik. Kasur ini akan menunjukkan detail dan saran mengenai tidur sang pemilik melalui smart phone.

  • Alat Pendeteksi Bau 

Alat ini memungkinkan pemilik rumah dapat menjaga rumahnya agar tetap segar dan bebas bau dari jarak jauh. Perangkat ini bekerja dengan terhubung pada dispenser aroma serta wifi, sehingga pemilik dapat mengontrol rumahnya agar tetap segar sehingga pemilik pun akan merasa nyaman. Selain itu, penggunaan pendeteksi bau terus menerus pada smart home menerapkan sensor dengan potensi untuk mengenali berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari termasuk mengidentifikasi kondisi yang tidak aman bagi penghuninya. 

  • Remote Universal 

Remote Universal adalah cara paling efisien dalam mengendalikan banyak perangkat pada smart home. Dengan teknologi ini, perangkat yang pemilik miliki dapat terhubung ke semua barang, seperti speaker, TV, mesin cuci, lampu, kipas angin, dan lain sebagainya, sehingga pemilik dapat mengontrol barang-barang tersebut melalui satu aplikasi terpusat.

 

Referensi: 

https://www.ariston.com/id-id/the-comfort-way/trik-dan-kiat/apa-itu-smart-home-system 

https://www.arsitur.com/2019/05/7-teknologi-smart-home-yang-canggih.html 

https://idcloudhost.com/daftar-teknologi-smart-home-system-untuk-kebutuhan-rumah-pintar/ 

Siti Julianingsih Nurfitriyani

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031