School of Information Systems

Menciptakan Ekosistem yang Kuat untuk Mempertahankan Daya Saing

Potensi untuk menciptakan value terkadang memerlukan penciptaan industri yang benar-benar baru, di mana perusahaan yang belum pernah berinteraksi sebelumnya berkumpulTentu saja, pasar baru yang menyatukan mereka terkadang bisa membantuTetapi pasar sepertinya tidak akan efektif dalam mempromosikan jenis pertukaran pengetahuan dan pembelajaran bersama yang diperlukan untuk membangun industri baruterutama ketika masa depannya diselimuti ketidakpastian. 

Menciptakan industri mobilitas barumisalnyatidak hanya melibatkan perusahaan otomotifFaktanyapembuat mobil mungkin menjadi salah satu kontributor yang kurang penting. Industri mobilitas baru akan membutuhkan penyedia infrastrukturperancang, dan produsen jenis sensor baru (baik yang terpasang maupun yang tertanam di lingkungan), perusahaan perangkat lunak dan kecerdasan buatan (AI), hiburan untuk menempati penumpang dalam kendaraan otonom, dan regulator dan pemerintah kotauntuk menyebutkan hanya beberapa dari kemungkinan pesertaKarenanyaekosistem baru yang mempromosikan eksperimen dan pembelajaran antara mitra, dan membantu mengoordinasikan investasi mereka, sangat penting untuk membuka potensi besar solusi mobilitas masa depan. 

Ketika Didi Chuxing Technology Co., konglomerat ride-sharing Tiongkok, AI, dan teknologi otonommengumumkan pada Agustus 2018 bahwa mereka akan menginvestasikan US $ 1 miliar dalam bisnis layanan otomotifnya dan memutarnya menjadi unit terpisahia menyatakan“ Di masa mendatang, Didi akan melanjutkan jaringan kerja sama yang saling menguntungkan dengan mitra di seluruh rantai industri otomotif untuk membangun ekosistem transportasi baru yang dirancang untuk masa depan mobilitas bersama. ” 

(Sumberhttps://www.entrepreneur.com/article/332789) 

Menciptakan nilai baru yang dapat diberikan oleh strategi ekosistem dengan mengaktifkan bundel produk barusolusi pelanggan baru, dan ekonomi platform baru – dan dengan demikian menelurkan industri baru – terdengar menarikTetapi mengapa hal itu menjadi keharusan bagi semakin banyak perusahaanJawabannya terletak pada kenyataan bahwa lingkungan persaingan global berubah dengan cara yang menuntut kemampuan yang lebih luas, dan ekosistem menawarkan peluang baru untuk terlibat dengan orang lain.

Tiga perkembangan dalam lingkungan global sangat signifikan dalam mendukung strategi ekosistem: 

  1. Fakta bahwa pelanggan semakin menuntut solusi dan pengalaman daripada produk,  
  2. Meningkatnya kandungan pengetahuan dari banyak produk dan aktivitas bisnis 
  3. Peluang baru yang diciptakan oleh kemajuan dalam informasi dan komunikasi teknologi. 

Customer Solutions and Experiences 

Pelanggan menginginkan lebih dari sekadar produk atau layanan sederhana. Nilai yang mereka cari berasal dari pengalaman penggunaan produk atau layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi spesifik mereka. Ini juga merupakan tren di pasar B2B di mana pelanggan mulai menuntut layanan daripada produk (seperti “tenaga per jam” atau “mil penggunaan jalan” daripada mesin jet atau ban). 

Menyampaikan pengalaman seperti itu seringkali membutuhkan sistem yang kompleks dan terintegrasi. Lakukan sesuatu yang sederhana, seperti makan di luar bersama teman-teman. Aplikasi dengan layanan berbasis lokasi pada ponsel cerdas Anda membantu Anda memilih restoran dengan makanan yang Anda suka dengan waktu tunggu paling singkat. Aplikasi lain menunjukkan cara menuju ke sana menggunakan rute tercepat dengan pilihan mode perjalanan. Tautan media sosial memungkinkan Anda berbagi pengalaman atau menilai makanan dan layanan. Rantai pasokan kompleks yang menjangkau dunia mungkin telah membawa bahan-bahan eksotis ke restoran sehingga Anda dapat menikmati hidangan yang Anda sukai. 

(Sumberhttps://www.cnet.com/roadshow/news/google-assistant-waze-easier-reporting-less-distraction/) 

Nuril Kusumawardani