Menciptakan Ekosistem yang Kuat untuk Mempertahankan Daya Saing (Bagian 3)
New Connecting Communities
Terhubung melalui komunitas membantu kelompok yang beragam ini untuk bersatu dalam satu tujuan dan memfokuskan pada bagaimana ekosistem dapat menciptakan nilai. Komunitas-komunitas ini juga memupuk sinergi yang kuat dengan menciptakan pendekatan yang terbuka dan partisipatif. Sophie Plante, CEO 3DSwYm, menyatakan bahwa “3DSwYm memberdayakan semua orang, apa pun domainnya, untuk berinovasi dan menambah nilai, berbagi pengalaman dan mengedepankan ide, menumbuhkan rasa memiliki yang kuat dan melibatkan semua orang dalam tantangan dan visi perusahaan…. Hasilnya adalah tampilan 360 derajat dari aktivitas dan interaksi yang dibagikan di seluruh [ekosistem]. 3DSwYm menjadi lingkungan referensial dinamis sosial waktu nyata, menawarkan dukungan keputusan dan tindakan yang efektif, memanfaatkan inovasi sosial untuk membantu mengubah organisasi. ” Pembagian di seluruh ekosistem ini telah memungkinkan DS menjadi – dan tetap – relevan, inovatif, dan sukses di 11 sektor industri berbeda yang kini telah menghasilkan aplikasi perangkat lunak.
(Sumber: https://www.solidsolutions.co.uk/blog/2019/09/3d-experience-3d-swym/#.YEHN62gzZPY )
Ketika manajemen pengetahuan menjadi semakin penting untuk keunggulan kompetitif, model ekosistem yang luas yang memungkinkan pengetahuan dan inovasi dihasilkan dengan cepat melalui pembelajaran bersama di berbagai mitra yang berbeda, masing-masing dirangsang oleh konteks, sejarah, dan budaya yang berbeda, menjadi lebih. penting untuk kesuksesan.
Mengembangkan ekosistem dengan banyak mitra meningkatkan inovasi, karena memungkinkan seribu bunga mekar. Hal ini membuat strategi ekosistem – yang memiliki kemampuan untuk menghindari banyak masalah yang dihadapi ketika mencoba untuk memindahkan dan mentransplantasikan pengetahuan yang sebagian besar tertanam dalam orang, sistem, dan budaya organisasi eksternal – semakin menarik bagi organisasi yang ingin meningkatkan inovasi dan menemukan nilai baru.
Endemic Disruption and Uncertainty
Karena tiga perkembangan ini – permintaan pelanggan akan solusi dan pengalaman, peningkatan konten pengetahuan, dan peluang baru yang dihasilkan dari kemajuan teknologi – perusahaan sekarang beroperasi di lingkungan dengan ketidakpastian yang semakin meningkat, ditantang oleh pesaing yang mengganggu yang ingin menulis ulang aturan permainan. Evolusi teknologi yang cepat, keterkaitan dunia perdagangan dan bisnis, dan ketidakstabilan geopolitik tidak diragukan lagi adalah beberapa alasan dari meningkatnya ketidakpastian ini. Saksikan krisis keuangan tahun 2008, ketika keterkaitan bank dan lembaga keuangan lainnya meruntuhkan beberapa organisasi yang paling dihormati. Atau pertimbangkan nasib operator telekomunikasi, yang menghasilkan banyak uang dari lalu lintas SMS, tetapi sekarang menghadapi persaingan ketat dari perusahaan jejaring sosial berbasis Internet seperti WeChat, WhatsApp, Line, Telegram, dan Viber.
Ekosistem, di mana mitra dapat berkolaborasi melalui pengembangan dan eksperimen yang terkoordinasi secara longgar, dapat menyerap ketidakpastian lebih efektif daripada hierarki tradisional atau bahkan hubungan subkontrak, di mana hasil harus ditentukan secara tepat sebelumnya dan struktur lebih sulit untuk dikonfigurasi ulang. Keunggulan ini diperkuat oleh kemampuan ekosistem untuk memungkinkan para pemimpinnya meraup keuntungan skala ekonomi dan jaringan dengan investasi modal yang lebih rendah. Hal ini sangat penting dalam industri pemenang mengambil semua, di mana peningkatan pengembalian dalam skala besar sangat menentukan. Sementara itu, gangguan dapat diatasi dengan kemampuan strategi ekosistem untuk membuka ekonomi platform baru atau menciptakan industri baru.