School of Information Systems

Hikmah di Balik Belajar Online Selama Pandemi Covid-19

Kegiatan belajar online di tengah pandemi Covid-19 yang mulanya menjadi tantangan bagi guru, siswa atau orangtua, kini melahirkan kolaborasi antara mereka, sekolah, dan juga pemerintah. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta, Nahdiana, kegiatan belajar online justru membuat harmonisasi antara stakeholder semakin kuat. Bahkan hal ini yang menjadi ‘hikmah’ di masa pandemi. 

Menurutnya, selama ini peran sekolah dan orangtua seperti ada pembatas. Ketika anak masuk ke sekolah, orangtua seolah-olah melepas tanggung jawab pendidikan anak kepada sekolah. 

“Barangkali ada hikmahnya. Hadirnya pandemi itu ada hikmahnya. Kalau dahulu sekolah mungkin sebagian mengatakan sudah selesai anak-anaknya sudah diantar ke sekolah. Kegiatan pembelajaran itu ada di sekolah. Seolah-olah ada pembatas,” kata Nahdiana dalam acara Podcast bersama Telset TV, dikutip Jumat (4/12/2020). 

Saat pandemi semua berubah. Sekolah dan orangtua harus berkolaborasi supaya kegiatan belajar online bisa maksimal. Guru pun wajib memberikan materi pembelajaran yang maksimal kepada anak secara online, sedangkan orangtua mendampingi anak saat belajar di rumah. Hasilnya muncul harmonisasi antar stakeholder pendidikan yang bertujuan untuk memberikan pendidikan secara maksimal kepada anak. 

“Jadi bagaimana harmonisasi antara sekolah, orangtua, guru dengan dinas pendidikan tapi fokusnya pada anak bukan pada ego sektoral masing-masing,” tutur Nahdiana.

https://www.liputan6.com/tekno/read/4425602/hikmah-di-balik-belajar-online-selama-pandemi-covid-19

Iskandar