School of Information Systems

Datamart Transportasi Online 2

1.1 Tujuan

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian terhadap perancangan data warehouse dan penerapan data mining pada fitur GoFood adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan bagaimana data warehouse digunakan dalam fitur GoFood yaitu terkait dengan analisis terhadap data pemesanan yang nantinya dapat menghasilkan informasi yang dapat dianalisis dari berbagai sudut pandang.
  2. Mengetahui behaviour dari pengguna dengan menggunakan teknik data mining sehingga GoJek dapat mengambil keputusan yang tepat dan memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam penggunaan fitur GoFood.
  3. Memprediksi trend yang dapat meningkatkan kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi GoFood dengan mengotomatisasi proses pencarian informasi di dalam database yang besar.

1.2 Manfaat

Berdasarkan tujuan penelitian yang hendak dicapai, maka penelitian ini diharapkan mempunyai manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Manfaat Teoritis

Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat yaitu:

  • Analisa yang dilakukan dapat membantu untuk mengetahui bagaimana penerapan data warehouse dan data mining
  • Menghasilkan data yang akurat dengan mengumpulkan informasi dari sumber yang berbeda dan mengubahnya menjadi format tunggal dan banyak digunakan. Sehingga dapat membuat keputusan bisnis yang kuat.
  • Sebagai pijakan dan referensi pada penelitian-penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan penerapan data warehouse dan data mining dalam perusahaan serta menjadi bahan kajian lebih lanjut.

2. Manfaat Praktis

Secara praktis penelitian ini dapat bermanfaat sebagai berikut:

  • Bagi penulis

Dapat menambah wawasan dan pengalaman langsung tentang perancangan data warehouse dan penerapan data mining yang dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat.

  • Bagi pembaca

Dapat mengetahui pentingnya perancangan data warehouse dan penerapan data mining pada fitur GoFood.

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Latar Belakang Perusahaan

Go – Jek merupakan sebuah startup di bidang transportasi yang mitranya adalah ojek – ojek yang ada di Indonesia. Go – Jek awalnya dibuat untuk mensolusikan kemacetan yang ada di Jakarta dengan membuat sebuah aplikasi untuk memesan ojek – ojek yang ada.

Setelah sukses di bidang transportasi, Go – Jek kemudian melakukan ekspansi bisnisnya ke bidang kuliner yaitu Go – Food. Go – Food merupakan sebuah sub-aplikasi yang dimiliki oleh Go – Jek dimana kita bisa memesan makanan melalui aplikasi Go – Food tersebut. Banyak orang yang lebih suka apabila makanannya diantar ke rumah / kos mereka dibandingkan pergi ke restorannya langsung karena menurut mereka hal tersebut lebih praktis dan orang Indonesia menyukai sesuatu hal yang praktis. Dengan menggunakan aplikasi Go – Food, customer dapat memesan makanan yang dia inginkan dan tersedia di aplikasi Go – Food, kemudian driver akan mengambil makanan dari restoran tersebut dan mengantarkannya ke rumah / kos kita.

Keunggulan memakai Go – Food sendiri adalah kita bisa bebas memilih makanan dari restoran yang kita inginkan. Delivery service lain seperti McDelivery, Burger King, dll. hanya bisa memesan makanan yang ada di restoran mereka sendiri sementara Go – Food bisa memesan di restoran yang kita inginkan, dan juga Go – Food memiliki banyak promo sehingga hal tersebut dapat membuat orang – orang tertarik untuk menggunakan Go – Food.

Mohammad Razi Zakaria