School of Information Systems

Penjelasan singkat tentang AI

Ketika mendengar kata robot, apa yang terlintas di benak anda? Kenapa mereka bisa begitu pintar, salah satu yang dapat membuat mereka menjad pintar karena adanya Artificial Intelligence atau biasa disebut AI.

Pengertian singkat dari medium, AI adalah kemampuan mesin meniru perilaku manusia yang cerdas. Lalu menurut searchenterpriseai, AI adalah kemampuan mesin atau sistem komputer untuk menyalin proses kecerdasan manusia, belajar dari pengalaman, beradaptasi dengan informasi baru dan melakukan kegiatan seperti manusia. Aplikasi khusus AI mencakup sistem pakar, pemrosesan bahasa alami (NLP), pengenalan ucapan, dan visi mesin.

Penjelasan lain tentang definisi AI menurut Britannica, AI adalah kemampuan komputer digital atau robot yang dikendalikan komputer untuk melakukan tugas yang umumnya dikaitkan dengan makhluk cerdas. Istilah ini sering diterapkan pada proyek pengembangan sistem yang diberkahi dengan karakteristik proses intelektual manusia, seperti kemampuan untuk berpikir, menemukan makna, menggeneralisasi, atau belajar dari pengalaman masa lalu.

Gambar 1 – Komponen AI

Sumber : Source : https://miro.medium.com/max/1400/1*IKS-FVwoCZkpm3MrnFLPbg.jpeg

 

Bagaimana cara kerja AI? Dapat dilihat pada Gambar 1 bahwa AI tidak berdiri sendiri di mana sangat banyak sekali komponen dari AI seperti machine learning, NLP, expert systems dan lain – lain.

Beberapa contoh pengunaan AI menurut techtarget diantaranya :

  • AI dalam kesehatan. Manfaat terbesar adalah pada meningkatkan hasil pasien dan mengurangi biaya. Perusahaan menerapkan pembelajaran mesin untuk membuat diagnosis yang lebih baik dan lebih cepat daripada manusia. Salah satu teknologi perawatan kesehatan paling terkenal adalah IBM Watson. Ini mengerti bahasa alami dan dapat menanggapi pertanyaan yang diajukan tentang itu. Sistem menggali data pasien dan sumber data lain yang tersedia untuk membentuk hipotesis, yang kemudian disajikan dengan skema penilaian kepercayaan. Aplikasi AI lainnya termasuk chatbots – program komputer yang digunakan secara online untuk menjawab pertanyaan dan membantu pelanggan, untuk membantu menjadwalkan janji tindak lanjut atau membantu pasien melalui proses penagihan – dan asisten kesehatan virtual yang memberikan umpan balik medis dasar.
  • AI dalam bisnis. Otomatisasi proses robot sedang diterapkan pada tugas yang sangat berulang yang biasanya dilakukan manusia. Algoritma pembelajaran mesin diintegrasikan ke dalam platform analytics dan customer relationship management (CRM) untuk mengungkap informasi tentang cara melayani pelanggan dengan lebih baik. Chatbots telah dimasukkan ke dalam situs web untuk menyediakan layanan langsung kepada pelanggan. Otomatisasi posisi kerja juga telah menjadi bahan pembicaraan di kalangan akademisi dan analis TI.
  • AI dalam pendidikan. AI dapat mengotomatiskan penilaian, memberi lebih banyak waktu kepada pendidik. Itu dapat menilai siswa dan beradaptasi dengan kebutuhan mereka, membantu mereka bekerja dengan langkah mereka sendiri. Tutor AI dapat memberikan dukungan tambahan kepada siswa, memastikan mereka tetap di jalurnya. AI dapat mengubah di mana dan bagaimana siswa belajar, bahkan mungkin mengganti beberapa guru

REFERENSI

Ferdianto