School of Information Systems

PERANCANGAN DATA WAREHOUSE EKSPEDISI

Arsitektur Data Warehouse

Dalam perancangan data warehouse untuk Kurir arsitektur perancangan data warehouse yang akan dipakai adalah data warehouse terpusat. Data operasional yang dibutuhkan diseleksi berdasarkan kebutuhan. Dalam perancangannya semua data yang sudah diseleksi akan disimpan ke dalam satu data warehouse sehingga pengguna akan lebih mudah untuk mengelola data seperti melakukan pencarian data-data yang diperlukan.

Alasan menggunakan data warehouse terpusat adalah mempermudah dalam pengawasan dan pemeliharaan data yang terdapat di dalam data warehouse, dapat menjaga konsistensi isi dari data warehouse dari berbagai macam perubahan jika dibandingkan dengan data warehouse terdistribusi dan biaya untuk aristektur data warehouse secara terpusat lebih murah karena hanya terpusat dalam satu tempat. Berikut merupakan arsitektur yang akan digunakan pada Kurir:

Gambar 4.1 Arsitektur Data Warehouse

Berdasarkan arsitektur di atas, terdapat komponen-komponen utama yang saling berhubungan, yaitu:

  • Data Source

Data source merupakan sumber data yang berasal dari data-data operasional Kurir yang digunakan dalam membangun datawarehouse ini.Data-data yang dipakai dalam membangun datawarehouse adalah data services,data

Paket,data Orders, data Customer,dan data Kurir. Setelah data telah didapatkan, nantinya data akan melalui proses data staging.

  • ETL (Extract,Transform,Load)

Pada tahapan ini akan terjadi proses ETL, proses ETL adalah proses pengambilan data dari data source ke data warehouse. Dalam tahap extract, data yang akan digunakan adalah data yang sudah teridentifikasi dari berbagai sumber, termasuk database system maupun aplikasi. Setelah proses extract selesai, maka data akan di transform menjadi suatu data baru yang telah terintegrasi. Data-data yang sudah terintegrasi akan dimuat ke dalam data warehouse dalam proses load.

  • Data Warehouse

Data warehouse merupakan suatu media tempat penyimpanan data yang besar. Data yang terdapat di dalam data warehouse adalah data yang telah melalui proses ETL dan bersifat historikal dengan jangka waktu tertentu.

  • User

Users merupakan pengguna dari data warehouse. Users yang menggunakan biasanya adalah pihak eksekutif yang melakukan pencarian-pencarian informasi yang diperlukan dalam mendukung pengambilan keputusan perusahaan.

Rancangan Data Warehouse

Pemilihan Proses (Choosing the Process)

a. Pengiriman Paket

Proses Pengiriman paket yang dimaksud adalah Customer ingin mengirimakan paket ke tujuan dengan menggunakan dokumen TrPaket, data yang digunakan adalah MsCustomer,MsServices, MsDroppoint, MsPayment,dan MsKurir

b. Retur

Retur dalam dinas Kurir adalah asuransi barang jika terjadinya kehilangan/kerusakan pada barang. Dokumen yang digunakan adalah TrPaketRetur, sedangkan data yang digunakan adalah MsKurir, MsDroppoint, MsPaket,dan MsCustomer

Memilih Grain (Choosing the Grain)

Grain adalah proses menentukan apa saja yang akan digambarkan record di dalam table fakta. Grain yang ada dalam perancangan data warehouse Kurir

1. Pengiriman Paket

Analisis yang dapat kita lakukan pada proses Pengiriman Paket meliputi jumlah Paket berdasarkan jenis services,Jumlah Paket berdasarkan jenis Payment,Jumlah total paket.

2. Retur

Analisa yang dapat kita lakukan pada proses retur meliputi,jumlah pengiriman yang gagal,barang hilang,jumlah Retur

Identifikasi dan Memuat Dimensi yang Sesuai (Identifying and Conforming the Dimensi)

Untuk dimensi yang dipilih adalah dimensi waktu, customer, kurir, payment, paket, droppoint dan service. Berikut ini adalah dimensi yang dipilih untuk masing-masing proses bisnis adalah:

1. Pengiriman Paket

Untuk analisis pengiriman paket, dimensi yang digunakan adalah waktu, services, payment, customer, paket, dan drop point

Tabel 1 Grain vs Dimensi pada analisis Pengiriman Paket

2. Retur

Untuk analisis retur, dimensi yang digunakan adalah waktu, kurir, droppoints, dan paket

Tabel 2. Grain vs Dimensi pada analisis Retur