School of Information Systems

User Interface DW Penerbangan

3.8 Star Schema

Berikut merupakan Star Schema dari perancangan data modelling PT Garuda Indonesia:

BAB IV
USER INTERFACE

4.1 User Interface Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia memiliki aplikasi berbasis mobile bernama ‘Garuda Indonesia Mobile’. Beberapa fitur utama pada aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Booking
  2. Check-in
  3. Manage (mengelola) penerbangan dan dapatkan penawaran spesial selama penerbangan.
  4. Menggunakan boarding pass untuk mendapatkan benefit dan penawaran ekstra.
  5. Check status penerbangan seluruh penerbangan Garuda.
  6. Menelusuri berbagai destinasi penerbangan dengan harga terbaik.
  7. Mendapatkan penawaran eksklusif khusus pengguna Garuda Indonesia Mobile.
  8. Manage (mengelola) akun ‘Garuda Miles’ dengan mudah.

BAB V
DATA MINING

Pada bab ini dijelaskan mengenai implementasi data mining untuk mendapatkan dan menggali informasi yang tersembunyi dalam data warehouse.

Teknik data mining yang dapat digunakan pada kasus Garuda Miles adalah teknik decision tree analysis. Decision tree adalah model klasifikasi menggunakan struktur pohon atau struktur berhirarki. Konsep dari pohon keputusan adalah mengubah data menjadi decision tree dan aturan-aturan keputusan. Pada Garuda Miles sendiri, pelanggan dapat menjadi anggota baik dengan langsung mendaftar kepada Garuda atau melalui Co-brand seperti Citibank dan BNI. Kemudian kami ingin menganalisis apakah tier anggota naik atau turun setelah anggota frequent flyer tersebut menghentikan keanggotaan Co-brandnya menggunakan decision tree analysis, dimana class atau label yang digunakan adalah tier dari setiap anggota. Kemudian, hasil yang diperoleh dapat digunakan untuk managemen tier bagi anggota yang pernah menjadi anggota Co-brand, sehingga anggota tersebut tidak turun drastis level tier-nya setelah status keanggotaa Co-brandnya dihentikan. Hal ini dengan alasan peluang bagi Garuda untuk menawarkan produk-produk yang lain terhadap anggota.

BAB VI
PENUTUP

5.1 Kesimpulan

PT Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan dan untuk menjaga market share, Garuda Indonesia mendirikan Garuda Miles yang merupakan sebuah program loyalitas untuk pelanggan mereka. Data warehouse Garuda Miles dibangun agar dapat menyediakan informasi yang cepat, tepat dan akurat sehingga manajemen Garuda dapat mengambil keputusan yang tepat dalam meningkatkan pelayanannya terhadap penumpang dan penumpang dapat menjadi penumpang yang loyal. Data warehouse dibangun berdasarkan multidimensional data model. Pada model ini diperlukan tabel fakta dan tabel dimensi. Tabel fakta yang peneliti gunakan adalah fact_redeem, fact_booking, dan fact_penerbangan. Sementara dimensi yang digunakan adalah dim_benefit, dim_tier, dim_time, dim_customer, dim_bandara, dim_pesawat, dan dim_pilot. Teknik data mining yang akan digunakan adalah teknik decision tree analysis.

Evaristus Didik Madyatmadja