School of Information Systems

Pembuat Games Ingin Membuat Pemain “Bangkit dari Sofa”

Pengembang menawarkan sentuhan fisik untuk membuat penggemar tradisional tetap tertarik dan menarik penggemar baru yang bosan dengan latihan mereka.

Tiffany Ruiz telah mencoba berbagai gym, aplikasi, rutinitas latihan dan diet, semuanya dalam upaya untuk menjadi bugar, sehat dan membuat berat badan turun. “Tidak ada dari mereka yang berhasil karena tidak ada yang menjaga minat saya,” katanya.

Sekarang, Ibu Ruiz berolahraga setidaknya empat kali seminggu, berkat sebuah video game.

Di kamarnya, ia berlari, berjongkok, meregangkan tubuh dan melakukan latihan lain seperti mengangkat lutut dan menekan bahu, semuanya sambil berjuang melawan seekor naga bertulang belakang dan jari kakinya di Ring Fit Adventure, sebuah permainan baru dari Nintendo, raksasa teknologi konsumen dari Jepang.

Ring Fit Adventure, yang dibuat untuk konsol Nintendo Switch, adalah upaya terbaru oleh industri video game untuk mencoba memikat konsumen untuk bangkit dari sofa dan menjadi lebih aktif. Pengembang melipat kebugaran menjadi permainan sebagai bagian dari dua strategi: untuk mempertahankan pemain dengan menawarkan sentuhan fisik pada permainan tradisional dan untuk menarik pemain baru seperti Ms. Ruiz yang ingin berolahraga yang sebelumnya sangat monoton.

Kampanye menarik bagi orang tua dan pengasuh lainnya yang khawatir tentang jumlah waktu dihabiskan anak-anak didepan layar. Dan permainan membantu melawan stereotip dari pemain yang tidak banyak bergerak, duduk di kursi selama berjam-jam.

“Exergaming,” adalah bentuk aktivitas fisik yang menggabungkan olahraga dan video game (olahraga + permainan), telah ada sejak akhir 1980-an, ketika Bandai memperkenalkan Power Pad, tikar abu-abu dengan sensor tekanan, untuk Nintendo Entertainment System. Game sekarang menggunakan sensor gerak, jam tangan pintar, dan bahkan realitas virtual untuk melacak pergerakan pemain.

“Data terbaru kami menunjukkan 73 persen konsumen A.S. memainkan video game dari jenis apa pun,” kata Mat Piscatella, seorang analis industri untuk NPD. “Mengingat banyaknya pemain, industri ini memiliki peluang besar untuk memberikan lebih banyak variasi pengalaman bermain game.”

Dua pesaing utama Nintendo, Microsoft dan Sony, mengikuti jejaknya, menambahkan kamera pendeteksi gerak ke konsol mereka. Game seperti Just Dance dan Zumba Fitness: Join the Party, yang tersedia di Nintendo, Microsoft, dan Sony, adalah “keberhasilan luar biasa” di era sensor gerak, kata Mr. Piscatella.

Referensi:

Yuslianson