School of Information Systems

Tantangan Work From Home (Bagian 4)

6. Metrik Performa yang Tidak Jelas

Manajer biasa-biasa saja sering kali gagal melacak metrik yang jelas untuk kinerja tim mereka. Dalam kasus ekstrim, supervisor hanya mengawasi berapa lama pekerja mereka secara fisik duduk di meja mereka.

Saat pekerja melakukan telecommute, manajer tidak dapat melihat apakah mereka secara fisik berada di meja mereka. Meskipun duduk di belakang meja tidak termasuk dalam pekerjaan, manajer yang malas sering kali membiarkan pekerja yang malas meluncur selama mereka muncul untuk bekerja tepat waktu dan berusaha seminimal mungkin untuk menyelesaikan sedikit pekerjaan.

Tak satu pun dari itu terbang dengan telecommuting. Manajer dan pekerja sama-sama perlu menjelaskan dengan jelas apa yang membentuk kesuksesan untuk setiap anggota tim. Terlepas dari posisinya, setiap karyawan harus memiliki setidaknya satu indikator kinerja utama (KPI) yang mencerminkan seberapa baik mereka melakukan pekerjaannya.

Untuk perwakilan customer service misalnya, KPI ini dapat menyertakan peringkat umpan balik pelanggan untuk menunjukkan kualitas layanan mereka dan jumlah pelanggan yang dilayani untuk menunjukkan kuantitas.

Bagaimana Menghindarinya?

Jika Anda mengelola tim, pikirkan baik-baik tentang cara mengukur kinerja setiap bawahan langsung Anda. Jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan, tanyakan langsung kepada manajer Anda: “Metrik apa yang akan Anda gunakan untuk mengukur kinerja saya, dan apa ekspektasi Anda?”

Jika manajer Anda tidak memberikan jawaban yang jelas, minta mereka untuk memikirkannya dan menghubungi Anda kembali. Tanpa ekspektasi dan KPI yang jelas, baik Anda maupun atasan Anda tidak dapat mengetahui kinerja Anda. Dan tanpa sepengetahuan itu, keamanan pekerjaan Anda menjadi masalah karena Anda tidak dapat menunjukkan bukti kuat dari kinerja Anda.

7. Social Isolation

Manusia adalah makhluk sosial. Mereka membutuhkan interaksi dengan orang lain. Tanpa pantry untuk bertukar lelucon, cerita, dan obrolan toko sesekali, telecommuters bisa kesepian. Videoconferencing membantu – sedikit. Tetapi ini tidak sama dengan interaksi tatap muka. Istri saya bekerja di sekolah sepanjang hari sebagai konselor. Dia benar-benar berbicara dengan orang-orang sepanjang hari setiap hari, sementara saya hampir tidak mendapatkan interaksi sosial sepanjang hari. Ketika saya pulang kerja, saya mulai mengusulkan jam-jam bahagia atau makan malam dengan teman-teman atau apa pun untuk keluar rumah dan bergaul dengan orang lain. Yang dia ingin lakukan hanyalah meletakkan kakinya di sofa. Jika Anda tidak mendapatkan interaksi sosial di tempat kerja, Anda perlu mendapatkannya di tempat lain.

Bagaimana Menghindari Bahaya Isolasi Sosial

Ini membantu untuk mengantisipasi tantangan ini dan merencanakan interaksi sosial di luar pekerjaan. Biasanya, itu berarti bertemu dengan teman atau kolega terdekat untuk makan siang, mengikuti kelas di gym, atau membuat rencana makan malam atau happy hour.

Di tengah pandemi COVID-19, itu berarti panggilan video dengan teman dan keluarga atau bertemu secara pribadi dengan satu atau dua teman. Pertimbangkan berjalan-jalan, mendaki, atau aktivitas luar ruangan tunggal lainnya, yang menawarkan banyak ventilasi.

Saya merasa tidak keberatan bekerja sendiri sepanjang hari jika saya dapat berinteraksi dengan teman setidaknya tiga atau empat kali seminggu di luar pekerjaan.

8. The “Work in Your PJs” Trap

Saya mengakuinya: Saya bekerja dengan pakaian atletik, terutama karena saya berolahraga di siang hari, yang membantu saya mengatur ulang baik secara fisik maupun mental.

Tapi saya juga membangun rutinitas yang kokoh di sekitar jadwal kerja saya setelah belasan tahun bekerja dari rumah. Dan bahkan saya mengenakan pakaian yang lebih profesional untuk panggilan penting – apakah itu konferensi video atau tidak. Pakaian Anda memengaruhi tidak hanya cara orang lain melihat Anda, tetapi juga cara Anda melihat diri sendiri dan cara Anda berpikir dan berperilaku.

Namun, pakaian atletik pun lebih baik dari piyama Anda. Orang-orang suka memikirkan karya piyama, tetapi kenyataannya, itu adalah ide yang buruk.

Piyama dan tidur berhubungan erat di benak kebanyakan orang. Pikirkan Pavlov dan anjingnya – pengondisian dan asosiasi klasik. Sebuah studi tahun 2012 di Journal of Experimental Social Psychology menemukan bahwa orang melakukan tugas kerja lebih baik saat mengenakan pakaian dengan “makna simbolis”. Misalnya, dokter bekerja lebih baik saat mengenakan jas lab.

Juga sulit untuk merasa bersih dan segar dalam piyama yang Anda tiduri malam sebelumnya. Selain manfaat higienis, mandi dan perasaan bersih meningkatkan profesionalisme dan kinerja kebanyakan orang.

Bagaimana Menghindarinya?

Meskipun Anda harus menyimpan pakaian profesional di lemari pakaian Anda untuk pertemuan dengan klien dan vendor, Anda tidak harus duduk di rumah dalam setelan jas sepanjang hari. Namun, Anda memang membutuhkan rutinitas kerja yang mencakup pakaian asli.

Pilih beberapa pakaian untuk bekerja dari rumah dan jangan pernah khawatir tentang apa yang akan dikenakan saat bekerja lagi.

Nuril Kusumawardani