School of Information Systems

Mengenal Apa Itu Semantic Web

Semantic Web adalah salah satu inovasi yang ada dalam perkembangan website di era digital.dalam pengertian Bahasa nya, semantic web adalah website yang memiliki makna. Dengan itu dapat diartika bahwa semantic web adalah suatu inovasi dalam berbentuk website yang mempunyai knowledge sehingga bisa dikatakan mempunyai sifat lebih pintar dari web sebelumnya. Salah satu teknologi yang diterapkan dalam pembangunan web semantic dengan data yang ada dinamakan Resource Description Framework atau RDF dan Web Ontology Language atau OWL. Semantic web juga merupakan bagian dari Web 3.0 yang mengunggulkan integrasi data. Maksud dari integrasi data adalah data yang ada akan di olah menjadi bentuk metadata sehingga informasi yang dihasilkan menjadi informasi yang lebih jelas dan bermakna.

Semantic web juga mengedepankan model “read-write-execute” yang dimana bagian terakhir adalah yang diutamakan dalam semantic web. Perbedaan yang Nampak jelas dari perbandingan antara semantic web dengan website pada umumnya terlihat dari konsep website itu sendiri yang sebalumnya dikenal dengan sebutan Web of Document menjadi Web of Data dengan menerapkan ontology pada sebuah halaman website. Semantic web menggunakan ontology web sebagai domain dari knowledge base dan menjadikan halaman dari semantic web memiliki kemampuan untuk learning dan understand dalam mendeskripsikan data, sehingga data mudah di oloeh dan di proses oleh computer.

Salah satu komponen utama dalam semantic web adalah RDF. RDF atau Resource Description Framework. RDF merupakan Bahasa yang digunakan untuk menghasilkan sebuah standar untuk metadata dari sumber yang ada pada halaman semantic web. Teknologi yang digunakan pada RDF ini berbasis XML yang menggunakan alamat URL sebagai sebuah identifikasi dan pembeda. Namun, RDF bukan semata-mata Bahasa yang mudah dibaca dan di mengerti oleh manusia karena RDF sendiri terdiri dari beberapa gabungan Bahasa yang saling melengkapi satu sama lain sehingga dapat saling support proses kerja dari RDF. Beberapa Bahasa nya adalah RDFS (RDF Schema) dan SPARQL (Bahasa query yang memang digunakan untuk RDF dan OWL)

Berikut adalah beberapa contoh website yang dibangun dengan arsitektur dan model dari Semantic web :

  1. Google Co-Op (Google.com/coop)
  2. Second Life (secondlife.com)
  3. Spivack’s Radar Network (radarnetworks.com)

Resource :

https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-web-semantik-atau-semantic-web/15052

http://geekybray.blogspot.com/2018/03/pengertian-web-semantik-dan-contoh.html

Adam Fahsyah Nurzaman