School of Information Systems

Pengenalan Joint Cost Allocation

Joint cost merupakan biaya yang dikeluarkan dalam proses bersama. Joint cost dapat mencakup bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik yang dikeluarkan selama proses produksi bersama. Proses joint cost adalah proses produksi dimana satu input menghasilkan banyak output. Ini adalah proses dimana berusaha untuk membuat satu jenis produk keluaran secara otomatis juga membuat jenis produk keluaran lainnya. Dengan kata lain, joint cost adalah proses produksi dimana dengan input yang sama menghasilkan lebih dari 1 jenis produk. Proses joint cost umumnya di industri pertanian, industri manufaktur makanan, dan industri kimia. Sebagai contoh, pabrik unggas. Ayam menghasilkan dada ayam, stik drum, hati, dan bagian lain dari ayam yang digunakan untuk konsumsi manusia. Mereka juga menghasilkan aneka ayam dengan produk-produk yang digunakan untuk hotdog, dendeng dan sebagainya.

Demikian pula, kilang minyak. Kilang mengambil minyak mentah dan memurnikannya menjadi zat yang dapat digunakan untuk bensin otomatis, oli motor, minyak pemanas, atau minyak tanah. Semua berbagai keluaran ini berasal dari satu input – minyak mentah. Dalam kedua contoh ini, input tunggal menghasilkan banyak output. Ini adalah kedua contoh proses produksi bersama.

Produk bersama adalah beberapa produk yang dihasilkan dalam suatu rangkaian atau seri produk secara bersama-sama dengan menggunakan bahan, tenaga kerja, dan biaya overhead yang sama. Biaya tersebut tidak dapat ditelusuri atau dipisahkan pada setiap produk, dan setiap produk mempunyai nilai jual atau kuantitas yang relatif sama. Dalam produk bersama dapat menghasilkan produk utama dan produk sampingan, Produk utama adalah produk yang dihasilkan dalam proses produksi secara bersama, namun mempunyai nilai atau kuantitas yang lebih besar dibandingkan dengan produk lain atau produk sampingan sedangkan produk sampingan adalah produk yang dihasilkan dalam proses produksi secara bersama, tetapi produk tersebut nilai atau kuantitasnya lebih rendah dibandingkan dengan produk lain atau produk utama.

Karakteristik produk bersama antara lain: 1) Produk bersama merupakan tujuan utama kegiatan produksi; dan 2) Harga jual produk bersama relatif tinggi bila dibandingkan dengan produk sampingan yang dihasilkan pada saat yang sama.

Joint cost adalah biaya dari suatu proses produksi yang menghasilkan sejumlah produk secara bersamaan. Contohnya adalah pengolahan susu, yang menghasilkan susu skim dan krim. Biaya produksi ini adalah biaya bersama. Split-off-point adalah titik dalam proses joint cost ketika dua atau lebih produk dapat diidentifikasi secara terpisah. Misalnya, titik dimana susu menjadi susu skim dan krim. Biaya yang dapat dipisahkan adalah semua biaya yang dikeluarkan di luar titik pisah yang dapat ditetapkan untuk setiap produk yang diidentifikasi pada titik pisah. Pada atau di luar titik pemisahan, keputusan yang berkaitan dengan penjualan atau pemrosesan lebih lanjut dari setiap produk yang dapat diidentifikasi dapat dibuat tanpa memperhatikan keputusan yang terkait dengan produk lain yang diproduksi.

Anderes Gui