School of Information Systems

Fitur – Fitur yang wajib dimiliki oleh Chatbot

Pemanfaatan chatbot di beberapa perusahaan besar untuk membantu customer service dalam meningkatkan kualitas pelayanan bukan hal yang baru lagi. Namun untuk memaksimalkan penggunaan chatbot bagi perusahaan, chatbot tersebut harus memiliki beberapa fitur seperti,

  1. Unique Personalized, chatbot merupakan teknologi yang dapat melakukan personalisasi bagi customer Chatbot memiliki memori tersendiri untuk melakukan penyimpanan dan mengingat prefrensi customer, lokasi, hingga kebiasaan yang dimiliki oleh customernya. Dengan kemampuan yang dimiliki fitur ini secara otomatis dapat membuat pengalaman customernya menjadi lebih nyaman, karena chatbot dapat melakukan menganalisa kebutuhan berdasarkan transaksi, interaksi, ataupun percakapan yang telah dilakukan oleh customer tersebut.
  2. Development Control, merupakan fitur yang dimiliki chatbot untuk memastikan aplikasi yang dimiliki dalam kondisi yang aman, sehingga perusahaan tidak hanya terhindar dari kesalahan tetapi juga menyediakan sebuah sistem keamanan untuk mengelola kesalahan atau error yang tidak terduga.
  3. User – Friendly, chatbot yang dimiliki perusahaan harus memiliki tampilan yang mudah digunakan dan memiliki desain yang menarik, karena dengan tampilan yang mudah digunakan dan menarik dapat membantu customer dalam beradaptasi dan memberikan pengalaman yang baik bagi customer.
  4. Analytical, chatbot merupakan sumber data dan informasi yang dibutuhkan oleh customer, sehingga chatbot tersebut dapat menyediakan informasi secara real-time dan membantu perusahaan dalam melakukan monitoring perkembangan, percakapan, dan kinerja chatbot melalui data interkasi yang dimiliki oleh chatbot tersebut. Data yang diterima perusahaan biasanya dalam bentuk statistik serta analisis yang nantinya dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas chatbot untuk meningkatkan kualitas pengalaman customer yang lebih baik.
  5. Data Security, merupakan fitur yang paling utama yang harus dimiliki oleh chatbot, terutama bagi perushaan yang berhubungan dengan informasi dan data customer. Namun keamanan dalam chatbot bersifat flexible sehingga tetap dapat memenuhi kondisi keamanan pada persyaratan hukum.
  6. Brand Differentiation, chatbot sebuah perusahaan harus memiliki fitur yang berbeda dengan yang dimiliki oleh perusahaan saing.
  7. Intelligent, chatbot yang baik adalah yang mampu memahami konteks, mengenali elemen-elemen bahasa seperti slang dan idiom serta menawarkan keberagaman solusi untuk masalah tertentu. Slang merupakan ragam bahasa musiman yang digunakan oleh kelompok sosial tertentu dalam situasi informal, sedangkan idiom merupakan ungkapan khas yang tidak dapat dijelaskan secara logis namun dapat digunakan untuk menambah keindahan dan daya tarik suatu bahasa.
  8. Advanced Technology, chatbot yang baik tentunya harus didukung oleh fitur-fitur yang canggih dan terbaru sehingga dapat mengikuti pertumbuhan teknologi dan informasi di masa sekarang.

Reference :

Jeffrey Arief Mulyono