School of Information Systems

Apa itu Smart Contract pada Ethereum?

Smart Contract adalah perjanjian antara dua orang dalam bentuk kode komputer. Smart contract berjalan di jaringan blockchain, sehingga mereka disimpan di database publik dan tidak dapat diubah. Transaksi yang terjadi dalam smart contract diproses oleh blockchain, yang berarti smart contract dapat dikirim secara otomatis tanpa pihak ketiga (bank, pemerintah, broker, dll).  Transaksi hanya terjadi ketika kondisi dalam perjanjian terpenuhi. Dengan tidak adanya pihak ketiga, maka tidak ada entitas yang perlu dipercayai dalam menjalankan smart contract.

Transaksi yang terjadi dalam smart contract diproses oleh blockchainnya, yang berarti mereka dapat dikirim secara otomatis tanpa pihak ketiga. Ini berarti kita tidak perlu mengandalkan pihak manapun. Di jaringan Ethereum, smart contract bertanggung jawab untuk mengeksekusi dan mengelola operasi blockchain yang terjadi ketika pengguna (alamat) berinteraksi satu sama lain. Alamat apa pun yang bukan merupakan smart contract dikategorikan sebagai akun milik eksternal (externally owned account/EOA). Dengan demikian, smart contract dikendalikan oleh kode komputer, dan EOA dikendalikan oleh pengguna.

Mungkin masih banyak orang belum begitu memahami konsep dari smart contract. Kurang lebih seperti ini Cara Kerja Smart Contract :

Andy ingin membeli rumah Kevin seharga Rp1.000.000.000, kemudian perjanjian pembeliannya dibuat menggunakan smart contract. Jadi smart contract tersebut berisi perjanjian antara Andy dan Kevin, yang hanya bisa terjadi setelah memenuhi kesepakatan yang telah dibuat.

Agar Kevin bisa mendapatkan Rp1.000.000.000 maka ia harus memberikan sertifikat rumah tersebut kepada Andy. Setelah Andy menerima sertifikat tersebut, maka Kevin baru mendapatkan RP1.000.000.000, sesuai dengan smart contract yang telah dibuat dan disepakati bersama.

Jika dalam skenario ini Kevin dan Andy tidak menggunakan smart contract, maka mereka harus membayar banyak biaya kepada perusahaan pihak ketiga.

Gambar 1. Cara Kerja Smart Contract (Sumber : digitalis.id)

Namun demikian, sebagian besar masalah ini ada semata-mata karena bagaimana smart contract masih muda sebagai teknologi. Dengan janji seperti itu, teknologi pasti akan disempurnakan seiring berjalannya waktu.

Tidak diragukan lagi, smart contract akan menjadi bagian integral dari masyarakat kita, karena smart Contract dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik yang bebas dari komisi. Tentunya ini dapat mengurangi penipuan, penundaan dan biaya keseluruhan banyak hal.

REFERENSI :

Willy Kristian