School of Information Systems

Melengkapi Remote Workforce Agar Sukses dalam Era Pandemi

Saat dunia menyesuaikan diri untuk menghadapi pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, bisnis memiliki tantangan tambahan untuk dihadapi dan diatasi. Ketika negara bagian demi negara mengeluarkan perintah “tempat berlindung di tempat”, perusahaan harus segera menyesuaikan dan mencapai keseimbangan yang rumit antara keselamatan dan keamanan karyawan dan pelanggan serta menjaga agar bisnis tetap berjalan.

Organisasi dengan cepat beralih ke model “bekerja dari rumah” (WFH), memaksa respons yang dipercepat untuk melengkapi karyawan mereka dengan alat dan sumber daya yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan mereka saat mereka tidak berada di kantor. Ini bukan tugas kecil jika Anda menganggap banyak karyawan tidak hanya harus menyesuaikan diri untuk bekerja dari jarak jauh, tetapi harus melakukan ini bersamaan dengan homeschooling anak-anak mereka, sering kali berbagi ruang kantor dengan orang terdekat.

Selain kesulitan yang tak terhitung yang dialami individu di seluruh dunia, COVID-19 juga telah menyoroti kekuatan dan kelemahan sistem informasi perusahaan saat ini. Kebutuhan bisnis untuk bereaksi, berbagi informasi, dan membuat keputusan penting jauh lebih cepat dan dalam skala yang jauh lebih luas daripada sebelumnya berarti ketangkasan informasi menjadi sangat penting. Organisasi harus mengeluarkan uang untuk menskalakan sistem cloud mereka dan memberdayakan tim jarak jauh dengan alat kelas perusahaan — semuanya tanpa membanjiri sumber daya TI yang ada.

Jelas pandemi telah membawa kebutuhan untuk memikirkan kembali bagaimana pengelolaan pengetahuan harus ditangani dengan baik di dunia WFH. Hal ini terutama benar karena ada kemungkinan bahwa “normal baru” kami mungkin termasuk perpindahan permanen ke tenaga kerja yang lebih jauh dan tersebar. Penelitian dari penyedia komunikasi cloud Intermedia mengklaim bahwa 57% pemilik usaha kecil dan menengah yang meningkatkan jumlah karyawan yang bekerja dari rumah selama pandemi mengatakan bahwa mereka cenderung mempertahankan pendekatan ini dalam jangka panjang. Survei tersebut juga mengukur manfaat terbesar dari beralih ke pekerjaan jarak jauh: ketersediaan karyawan naik 19% dan kepuasan hidup naik 7%, sementara biaya overhead turun. Ini adalah perubahan signifikan dalam pola pikir dan juga geografi.

Banyak perusahaan teknologi besar juga ikut serta. Google, Facebook, dan Twitter semuanya telah mengindikasikan bahwa mereka akan mempertahankan kebijakan WFH di masa mendatang. CEO Twitter Jack Dorsey memberi tahu karyawan bahwa mereka dapat terus bekerja dari rumah selama mereka mau. Dorsey adalah pendukung awal tenaga kerja terdistribusi; COVID-19 baru saja mempercepat kebijakan tersebut.

Sementara banyak perusahaan mungkin sudah berada dalam posisi yang baik untuk sepenuhnya mendukung pekerjaan jarak jauh, perusahaan lain yang telah membangun budaya mereka di sekitar tenaga kerja terpusat mungkin belum ada di sana, dan sedang berjuang untuk melengkapi karyawan dengan alat berbasis cloud yang memungkinkan mereka menjadi efektif. , efisien, dan berkolaborasi dari mana saja. Tapi masih perlu ada keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan di dunia baru ini. Memimpin tanggung jawab ini, Google baru-baru ini memberi semua stafnya hari libur wajib — semoga menghindari potensi kelelahan di dunia baru yang selalu aktif.

Nuril Kusumawardani

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031