School of Information Systems

Pengenalan Big Data

Big data adalah istilah yang sudah tidak asing saat ini apalagi di dunia teknologi. Saat ini perusahaan berlomba – lomba membuat big data untuk menghasilkan informasi yang semakin real time dan akurat terutama untuk mendukung pengambilan keputusan perusahaan.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang big data, mari kita melihat definisi big data dari berbagai sumber. Menurut searchdatamanagement, Big data adalah kombinasi dari data terstruktur, semi terstruktur dan tidak terstruktur yang dikumpulkan oleh organisasi yang dapat ditambang untuk informasi dan digunakan dalam proyek pembelajaran mesin, pemodelan prediktif, dan aplikasi analitik canggih lainnya. Definis lain yaitu menurut SAS, Big data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar – terstruktur dan tidak terstruktur – yang menggenangi bisnis setiap hari. Tapi itu bukan jumlah data yang penting. Itu yang organisasi lakukan dengan data yang penting. Data besar dapat dianalisis untuk wawasan yang mengarah pada keputusan yang lebih baik dan langkah bisnis strategis.

Dan sumber terakhir yaitu Guru99, Big Data juga merupakan data tetapi dengan ukuran yang sangat besar. Big Data adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan kumpulan data yang berukuran sangat besar namun tumbuh secara eksponensial seiring waktu. Singkatnya, data tersebut sangat besar dan kompleks sehingga tidak ada alat manajemen data tradisional yang dapat menyimpan atau memprosesnya secara efisien.

Menurut searchdatamanagement,, terdapat 6 hal yang sangat penting tentang big data yang digambarkan dalam gambar 1.

Gambar 1. 6 komponen penting big data (Sumber : https://cdn.ttgtmedia.com/rms/onlineimages/data_managementbig_data_vs_desktop.png)

Lalu bagaimana cara kerja big data? Menurut Investopedia, Big data dapat dikategorikan sebagai data tidak terstruktur atau tdata erstruktur. Data terstruktur terdiri dari informasi yang sudah dikelola oleh organisasi dalam database dan spreadsheet; sering bersifat numerik. Data tidak terstruktur adalah informasi yang tidak terorganisir dan tidak termasuk dalam model atau format yang ditentukan sebelumnya. Ini termasuk data yang dikumpulkan dari sumber media sosial, yang membantu institusi mengumpulkan informasi tentang kebutuhan pelanggan.

Selain itu masih menurut Investopedia, Big data paling sering disimpan dalam database komputer dan dianalisis menggunakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk menangani set data yang besar dan kompleks. Banyak perusahaan perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) mengkhususkan diri dalam mengelola jenis data yang kompleks ini.

Beberapa contoh pengunaan big data menurut ionos diantarnya Penelitian medis: dengan mengevaluasi sejumlah besar data, dokter dapat mengembangkan solusi terapi terbaik dan rencana untuk pasien mereka, contoh lain dalam bidang bisnis, Big Data membantu perusahaan untuk mengenal pelanggan mereka dan memungkinkan mereka untuk mencocokkan penawaran mereka dengan keinginan mereka. Contoh lain dari sisi manufaktur, perusahaan dapat memantau data mesin mereka dan karenanya meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan produksi mereka.

REFERENSI :

  • https://www.sas.com/en_id/insights/big-data/what-is-big-data.html, Diakses pada tanggal 8 Juni 2020
  • https://www.guru99.com/what-is-big-data.html, Diakses pada tanggal 17 Juni 2020
  • https://searchdatamanagement.techtarget.com/definition/big-data, Diakses pada tanggal 19 Juni 2020
  • https://www.investopedia.com/terms/b/big-data.asp. Diakses pada tanggal 25 Juni 2020
  • https://www.ionos.com/digitalguide/online-marketing/web-analytics/what-is-big-data/. Diakses pada tanggal 16 Juni 2020
Ferdianto