School of Information Systems

TYPES OF CUSTOMER SEGMENT : MULTI SIDED PLATFORM

Multi sided platform adalah sebuah produk atau layanan yang meciptakan nilai terutama dengan interaksi secara langsung antara dua pelannggan atau lebih. Contoh dari multi sided platform adalah Alibab.com,ebay,Taobao dan rakunten (pembeli dan penjual).seperti yang di ilustrasikan di contoh ini multi sided platform (MSP) mencangkup beberapa bisinis besar dan dengna  pertumbuhan yang cepat dalam decade terakhir. Mengapa ? karena multi sided platform (MSP) yang berhasil menciptakan nilai yang sanagat besar dengan biaya pencarian atau biaya transaksi bagi pesertanya.akibatnya, multi sided platform (MSP) sering menempati posisi istimewa di industrinya masing-masing, Sebagian besar peserta insdustri lainnya berputar di sekitar dan bergantung pada multi sided product (MSP) dengan cara yang penting.

Bagaimana multi sided product (MSP) berbeda dengan platform produk dan Reseller

Ada dua karakterisitik utama dari sebuah multi sided product (MSP) yaitu

  1. Setiap kelompok peserta adalah pelanggan dari multi sided platform (MSP) dalam beberpa cara yang berarti
  2. Multi sided product (MSP) memungkinkan interaksi langsung antara sisi.

Platform produk memelanggar persyaratan pertama : pelanggan akhir bukanlah pelanggan penyedia platform. Reseller melanggar persyaratan ke dua yaitu tidak ada interaksi langsung antar pihak.

Fitur dasar dari multi sided platform (MSP) adalah bahwa nilai bagi pelanggan di satu sisi patform biasanya meningkat dengan jumlah pelanggan yang berpartisispasi di sis lain. Hal ini dikenal sebagai adanya “efek jaringan lintas sisi”, terkadang disebut sebagai “efek jaringan tidak langsung”. Misalnya penjual memperbolehkan nilai lebih banyak dari ebay saat ada lebih banyak pembeli dan sebaliknya. Namun cross side network effect adalah sebuah pdang bermata dua. Di satu sisi mereka dapat menciptakan hambatan tinggi untuk masuk, yang menjelaskan mengapa multi sided platform (MSP) yang suskes menempati posisi istimewa dan sering kalisulit diserang di industry masing – masing. Di sisi lain, mendirikan penghalang itu sulit karena tidak ada pihak yang akan bergabung tanpa yang lain. Mengatasi masalah tersebut adalah salah satu tantangan tersulit bagi multi sided platform (MSP).

Cross sided network platform effect saja tidak bisa menjamin hambatan tinggi untuk masuk. Agar multi sided platform (MSP) dapaat mencegah pesaing atau pendatang baru, biaya pengalihan yang tinggi atau biaya tinggi untuk bergabung dengan lebih dari satu jaringan yang bersaing yang diperlukan disatu atau semua sisi.

Sumber: https://sloanreview.mit.edu/article/strategic-decisions-for-multisided-platforms/

Ferdianto