School of Information Systems

Apa Itu Social Media ?

“Siapa yang saat ini tidak punya akun social media ?” tanya seorang dosen kepada mahasiswa di kelasnya. Hanya 1 orang yang mengangkat tangan dan banyak diantara teman – teman berteriak “bohong”, “kagak mungkin”, “tidak punya lebih dari 1 akun kali”. Dosen pun tersenyum dan berusaha menenangkan mahasiswanya. Kemudian dosen tersebut berkata “Jadi bisa kalian lihat sendiri bagaimana social media punya kekuatan dan pengaruh cukup besar di kehidupan kita”. Beberapa mahasiswa terlihat mengangguk tanda setuju dengan apa yang dosen tersebut katakan.

Dari ilustrasi di atas, kita tahu bahwa tanpa menjelaskan arti dari social media, rata – rata orang sudah paham bahkan sudah fasih menggunakan social media. Lalu apa sih sebenarnya social media itu? Menurut Jan Zimmerman, Deborah Ng, Social Media adalah rangkaian layanan online yang memfasilitasi komunikasi dua arah dan juga saling berbagi konten. Social media juga  dapat menjadi komponen produktif dari keseluruhan strategi pemasaran suatu perusahaan. Social media bisa menjadi meningkatkan visibilitas online suatu  perusahaan, memperkuat hubungan dengan perusahaan dengan  klien, dan memperluas iklan dari mulut ke mulut, yang merupakan jenis pemasaran terbaik.

Masih menurut Jan Zimmerman, Deborah Ng, Social media dapat dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya :

  • Social Content-sharing services : Layanan ini memfasilitasi posting dan komentar pada teks, video, foto, dan podcast (audio)

Contoh : Blogs (wordpress, typepad, blogger, tumblr), Video (Youtube, Vimeo, Vine.co, Ustream), Images (Flickr, Photobucket, Instagram, Snapchat, Slideshare, Pinterest, Picasa), Audio (Podbean, blogTalkRadio)

  • Social Networking Services

Tipe ini awalnya dikembangkan untuk memfasilitasi pertukaran informasi pribadi ke sekelompok teman dan keluarga. Namun saat ini layanan berfitur lebih lengkap akan menawarkan lebih banyak fungsi.

Contoh :

Full Networks : Facebook, google +, MeetMe.com

Short Message network : Twitter, Plurk

Profesional network : LinkedIn dan jaringan khusus profesi kecil

Specialty Networks : (yang menargetkan kelompok tertentu, bukan masyarakat umum) dalam industri vertikal, demografis, atau segmen aktivitas, yang bertentangan dengan profesi atau jabatan.

  • Social bookmarking Services :

Tipe social media ini mirip dengan cara kerja bookmark pribadi untuk situs favorit pada browser, bookmark sosial adalah daftar situs yang dapat dijalankan secara publik yang telah direkomendasikan orang lain:

Contoh :

Recommendation services : StumbleUpon, Delicious

Social Shoping Services : Kaboodle, ThisNext

  • Social News services

Tipe social media ini menawarkan artikel yang direkomendasikan dari situs baru, blog, atau halaman web, yang mana pengguna sering memberikan ulasan positif / negatif pada nilai posting.

Contoh : Digg, Reddit

  • Social geolocation and meeting services

Layanan ini menyatukan orang di ruang nyata, bukan di ruang maya

Contoh : Foursquare, Meetup

  • Community-building services

Tipe social media ini seperti situs berbagi komentar dan konten telah ada sejak lama, seperti forum, message board, dan Yahoo! Dan Google Grup.

Contoh :

Community-building sites : Ning

Wikis, seperti  Wikipedia,

Review sites, seperti  TripAdvisor, Yelp, and Epinions

Referensi :

Jan Zimmerman, Deborah Ng (2015). Social Media Marketing All-in-One For Dummies, John Wiley & Sons, Inc. New Jersey. ISBN: 978-1-118-95135-4

Afra Soraya