School of Information Systems

Perencanaan strategi bisnis (Market Plan)

Stategi penjualan

Sebagai pengusaha, omzet penjualan adalah salah satu faktor terpenting yang tidak bisa diabaikan. Kesuksesan suatu bisnis sangat ditentukan oleh seberapa banyak produk yang terjual. Dengan kata lain, semakin besar omset penjualan, semakin tinggi keuntungan yang didapatkan. Namun, mendongkrak penjualan bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa strategi yang harus diterapkan dan strategi tersebut tentu tidak akan memberikan hasil dalam waktu yang sangat singkat. Tidak ada yang instant dalam bisnis karena setiap pengusaha membutuhkan proses berkesinambungan untuk meraih sukses. Untuk meningkatkan omset penjualan, tidak peduli produk apapun yang Anda jual. Disinilah peranan penting Marketing untuk mewujudkan keberhasilan suatu bisnis tersebut dengan perencanaan strategi ‘Marketing Plan’ dan tips yang benar dalam meliputi Produk (Product), Tempat (Place), Harga (Price), Promosi (Promotion).

Untuk meningkatkan omset secara berkelanjutan dalam jangka panjang.

Pertama, Jangan selalu memandang bisnis itu identik dengan uang atau keuntungan usaha yang besar. Jika itu satu-satunya alasan anda menjalankan sebuah bisnis, kemungkinan besar anda tidak akan berhasil. Mengapa? Karena hampir bisa dipastikan, bulan-bulan atau tahun-tahun pertama anda memulai usaha, anda akan lebih banyak mengeluarkan uang.

Kedua, Dalam memulai sebuah usaha yang masih “terlalu dini” dengan bisnis barunya, order yang dikeluarkan dengan jumlah keuntungan usaha kecilpun dapat dijadikan sebagai pengalaman atau curiculum vitae. Sangat disarankan bahwa suatu perjalanan dimulai dengan sebuah langkah, dan mulailah dengan langkah yang kecil. Keuntungan usaha itu tidak hanya berupa materi, namun bisa juga non materi seperti pengalaman, pengetahuan bahkan kepuasan pribadi.

Ketiga, Anda harus tahu bahwa salah satu kebiasaan dari smart konsumen adalah “tidak membeli dalam jumlah besar” di awal pembelian. Mereka cenderung melakukan pembelian coba-coba. Justru dengan menolak konsumen yang kecil tadi, ia telah kehilangan “database” konsumen. Jangan pernah remehkan setiap hasil penjualan anda, walaupun kecil.

Dalam membangun sebuah usaha kecil keuntungan yang diperolehpun akan sedikit. Tapi setelah itu, anda bisa menggunakan strategi dengan dua cara dalam meningkatkan keuntungan usaha anda.

§ Up Sell Anda menawarkan versi produk atau jasa anda yang lebih.

§ Cross Sell Anda menawarkan lebih dari yang konsumen cari.

Berikut adalah 4 langkah jitu meningkatkan penjualan

1. Utamakan Kualitas Produk

Kualitas produk merupakan salah satu syarat utama untuk meningkatkan tingkat penjualannya. Dengan produk yang berkualitas, Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan banyak konsumen. Saat satu konsumen puas dengan kualitas produk tersebut, dia tidak akan segan-segan mempromosikannya dengan orang lain. Jangan matikan inovasi dalam pembuatan

produk, tapi tetaplah mencari fitur apa yang bisa anda terapkan dalam produk yang dapat meningkatkan fungsi dan ketangguhan produk anda. Cara yang paling mudah adalah melihat kekuatan pesaing, pelajari dan terapkan kelebihannya dalam produk yang kita miliki.

2. Beri Layanan Terbaik Kepada Semua Konsumen

Pada dasarnya semua konsumen adalah sama, berapapun uang yang mereka keluarkan, berapapun produk yang mereka beli, mereka mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Jika mereka dikecewakan, mereka tidak akan sungkan-sungkan untuk menjelek-jelekkan bisnis Anda di depan banyak orang. Salah satu indikator dari tingkat kepuasan konsumen adalah ‘repeat order’. Jika konsumen puas saat membeli produk Anda untuk pertama kali, mereka akan datang lagi untuk membelinya dengan jumlah yang lebih besar dari pesanan pertama. Untuk memberikan kenyamaan pada pelanggan bisa diaplikasikan dengan menyediakan dukungan support dalam bentuk Live Chatting, email dan Telepon atau bahkan bisa lebih ditingkatkan dalam melayani dan mengejar kepuasan pelanggan serta selalu melakukan perubahan menuju pusat keunggulan dengan memberikan solusi kepada pelanggan melalui SMILE.

S : Satisfaction Committed for Customer M : Manpower Ability I : Innovation in Product L : Learning Continuously E : Enthusiasm to Improve

3. Beri Diskon Atau Penawaran Khusus

Buatlah prosedur pembelian produk secar mudah, aman dan nyaman. Pelanggan jangan disulitkan dengan hal-hal teknis yang dapat menghambat proses pembelian produk. Kalau bisa buat beberapa opsi cara pembelian dengan cara menawarkan diskon. Berikanlah diskon rasional yang tidak memberatkan Anda. Jika memberikan diskon terlalu besar, itu akan menjadi bumerang sendiri bagi Anda. Jangan terus-terusan memberikan diskon karena diskon seharusnya diberikan pada saat tertentu dan dalam jangka waktu terbatas. Penawaran khusus terkadang lebih menarik daripada diskon. Berilah bonus berupa souvernir atau benda menarik lainnya untuk memikat konsumen. Anda bisa membuat souvernir sendiri atau memesannya dalam jumlah banyak dari pihak lain.

4. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Perusahaan

Sumber daya manusia dalam suatu perusahaan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Anda bisa mengembangkan SDM yang anda miliki sebagai cara meningkatkan penjualan produk anda. SDM yang dimaksudkan disini adalah anda sebagai pemimpin atau karyawan yang membawahi divisi harus selalu saling memberikan dukungan dan pengarahan yang tepat dalam pemasaran produk yang akan dipasarkan serta memeliki rasa antusias yang tinggi terhadap produk dan dan bisnis tersebut. Jika anda antusias, maka merekapun akan antusias, karena antusias itu bersifat menular.

ZHAFRANUARRY BAWAFI