School of Information Systems

Mengenal Konsep Dasar, Tujuan, dan Teknik Data Mining

Data mining adalah proses penambangan data. Proses yang satu ini sering diartikan sebagai suatu proses mencari kesimpulan pada data yang telah dikumpulkan.

Proses dilakukannya Data Mining tentu saja memiliki beberapa tujuan. Berikut adalah beberapa tujuan dilakukannya Data Mining :

  • Sebagai sarana penjelasan (explanatory)

Data mining adalah sebuah sarana untuk menjelaskan suatu kondisi. Sebagai contoh nyata yaitu mengapa harga penjualan masker di Indonesia meningkat. Tentu saja dalam mengetahui alasannya, diperlukan kumpulan data yang diperoleh dari hasil data mining.

  • Sebagai sarana konfirmasi (confirmatory)

Data mining adalah sebuah sarana untuk mengklarifikasi sebuah pernyataan atau mempertegas adanya hipotesa. Contohnya adalah orang dengan tingkat ekonomi menengah keatas lebih suka membeli mobil daripada membeli unit sepeda motor.

  • Sebagai sarana eksplorasi (exploratory)

Data mining adalah suatu sarana yang dapat digunakan untuk mencari pola baru yang sebelumnya tidak terdeteksi. Contohnya adalah pola terkait alasan mengapa seorang pelaku pembunuhan menargetkan orang yang tinggal di apartemen seorang diri (walau korban tidak terikat hubungan kontak apapun dengan pelaku).

Setelah mengetahui tujuan dari Data Mining, tentu saja proses Data Mining ini memiliki beberapa fungsi. Berikut adalah fungsi dilakukannya Data Mining :

  • Pengklasteran (clustering)

Fungsi data mining yang satu ini berkaitan dengan pengelompokan suatu data. Tidak ada class atau target attribute yang ditampilkan pada dataset hasil pengklasteran.

  • Pengklasifikasian (classification)

Memang sekilas fungsi data mining yang satu ini mirip dengan clustering, namun ada sedikit perbedaan. Pengklasifikasian wajib menampilkan class atau target attribute, sehingga data yang dipisah-pisahkan pun memiliki keunikan tersendiri.

  • Asosiasi (association)

Salah satu fungsi data mining adalah asosiasi. Fungsi yang satu ini bertujuan untuk menemukan tujuan asosiatif maupun hubungan dari sebuah kejadian tertentu.

  • Prediksi (forecasting/predicting)

Fungsi yang satu ini merupakan teknik meramalkan kejadian di masa depan dengan kumpulan data yang diperoleh dari hasil data mining.

  • Sekuensi (sequencing)

Fungsi dari data mining yang satu ini adalah bentuk jamak dari asosiasi. Fungsi sekuensi adalah proses menentukan suatu hubungan yang berbeda dari kumpulan data yang diperoleh.

Dalam melakukan proses Data Mining tentu saja terdapat beberapa tahapan – tahapan yang harus dilakukan, agar proses Data Mining dapat berjalan dengan baik dan benar. Berikut adalah beberapa tahapan – tahapan yang harus dilakukan pada proses Data Mining :

  • Tahap seleksi (selection process)

Pada tahap yang satu ini, kumpulan data diseleksi dan kemudian dirubah menjadi format data yang diperlukan. Ada berbagai kriteria dalam proses seleksi ini yang disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil seleksi kemudian disendirikan dan disimpan di dalam media khusus.

  • Tahap pra-proses (pre-processing)

Pada tahap yang satu ini, data yang telah diseleksi akan kembali diseleksi ulang. Seleksi kedua ini berfungsi untuk membuang data yang sekiranya tidak diperlukan. Data yang dibuang ini diantaranya adalah data yang tidak valid, data yang tidak konsisten, dan data ganda.

  • Tahap transformasi (transformation process)

Proses yang satu ini dilakukan dengan cara merubah data yang lolos menjadi format lain. Dari hasil proses transformasi, akan diperoleh bentuk lain dari data yang selanjutnya akan dapat digunakan oleh pihak yang memerlukan.

  • Tahap data mining

Pada tahap ini, data yang telah disiapkan mulai diinterpretasikan dan dicari hubungannya. Tentu saja dari proses ini akan dihasilkan berbagai kesimpulan terkait data yang telah ditelusuri.

  • Tahapan interpretasi (interpretation process)

Tahap interpretasi merupakan menafsirkan atau menyimpulkan hasil dari data mining. Berbagai hipotesa yang muncul dari data mining dilebur menjadi satu dan ditemukan kesimpulan akhirnya.

Dari berbagai uraian di atas, bisa kita simpulkan bahwa data mining merupakan suatu proses yang cukup penting. Kita juga telah mengetahui data mining dan contohnya. Sehingga para pembaca diharapkan mampu memahami konsep dasar serta mempraktikkannya di kehidupan sehari-hari.

REFERENCES :

https://qwords.com/blog/data-mining-adalah/

Willy Kristian