School of Information Systems

Trik Pakai Kamera Smartphone sebagai Webcam Tambahan untuk Laptop

https://www.liputan6.com/tekno/read/4238573/trik-pakai-kamera-smartphone-sebagai-webcam-tambahan-untuk-laptop

Agustinus Mario Damar

28 Apr 2020,

Pemakaian layanan video conference di tengah pandemi Covid-19 saat ini tengah meningkat. Karena imbauan untuk beraktivitas di rumah, pertemuan pun harus dilakukan secara jarak jauh dan memanfaatkan layanan semacam Zoom, Skype, Meet, atau Teams. Mengingat tidak jarang pertemuan yang dilakukan merupakan bagian pekerjaan, aktivitas video conference pun dilakukan melalui laptop. Namun seperti diketahui, kemampuan kamera laptop sebenarnya tidak terlalu apik, sehingga tidak jarang orang membeli webcam tambahan.

Opsi membeli webcam semacam itu memang terkadang perlu dilakukan untuk mendukung video conference yang optimal, tapi sebenarnya kamu dapat memanfaatkan kamera smartphone sebagai pengganti webcam. Selain lebih terjangkau dan memiliki hasil lebih baik, cara untuk memanfaatkan smartphone sebagai webcam juga terbilang tidak terlalu sulit. Kamu tinggal memasang aplikasi webcam dan tripod untuk meletakkan perangkat, selain smartphone.

Dikutip dari Cnet, Selasa (28 /4/2020), ada beberapa aplikasi yang dapat kamu pasang untuk menjadikan smartphone sebagai webcam, mulai dari yang menawarkan layanan gratis hingga berbayar. Beberapa aplikasi tersebut adalah IP Webcam, DroidCam, dan EpocCam Webcam untuk Android. Sementara untuk pengguna iOS, kamu dapat memasang aplikasi seperti EpocCam, iCam, atau iVCam.

Hanya sebelum memasangnya, kamu perlu memastikan aplikasi itu cocok dengan sistem operasi PC yang digunakan. Alasannya, beberapa dari aplikasi webcam itu hanya mendukung perangkat Windows atau MacOS saja, tapi tidak keduanya.

Pastikan Baca Ketentuan

Setelah menemukan aplikasi yang sesuai, kamu tetap perlu membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Apabila dirasa sudah memenuhi kebutuhanmu, kamu dapat memasangnya dan ikuti intruksi selanjutnya. Perlu diingat, ada beberapa aplikasi yang mengharuskanmu untuk mengunduh driver tambahan di PC, atau menjalankannya melalui peramban.

Begitu dirasa semua sudah siap, kamu juga perlu mengetahui bahwa smartphone yang digunakan sebagai webcam eksternal akan lebih boros daya. Oleh sebab itu, pastikan smartphone memiliki daya cukup untuk mendukung video conference yang akan dilakukan. Sebagai alternatif, kamu dapat pula mencolokkannya ke powerbank atau sumber listirk langsung.

Persiapan Terakhir

Mengingat video conference kerap dilakukan dalam jangka waktu cukup lama, kamu dapat meletakkan smartphone di tripod yang sudah disiapkan. Lalu, atur posisinya dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk mendukung suara yang optimal, kamu juga dapat memanfaatkan mikrofon yang ada di earphone milikmu. Baik earphone kabel atau nirkabel dapat membantumu untuk hal ini.

Agustinus Mario Damar