School of Information Systems

SOLVING INFORMATION SYSTEMS – RELATED PROBLEMS

Sistem Informasi Managemen (SIM) merupakan sistem yang dapat memberikan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, managemen, serta pengambilan keputusan sebuah organisasi.

Pemecahan masalah adalah respons terhadap suatu hal yang berjalan baik maupun berjalan buruk. Masalah dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan atau kejadian yang dapat merugikan suatu perusahaan atau organisasi.

Ketika ingin memecahkan masalah kita membutuhkan sebuah solusi. Kita akan memperhitungkan peraihan kesempatan dalam pemecahan masalah dengan mengidentifikasikan masalah sebagai suatu kondisi atau peristiwa yang merugikan bagi perusahaan atau yang menguntungkan.

Seperti yang kita semua ketahui pada saat pemecahan masalah dalam perusahaan, manajer akan berhadapan langsung dengan masalah dan pengambilan keputusan. Manajer harus bisa mengabil keputusan dari beberapa solusi yang ada, Keputusan didefinisikan sebagai hal atau tindakan yang terpilih dari berbagai usaha yang telah dilakukan.

Pemilihan solusi terbaik dapat dilakukan dengan cara yang berbeda. Henry Mintzberg, seorang ahli managemen teori, mengidentifikasi tiga pendekatan yang berbeda dalam menentukan solusi terbaik.

Evaluasi secara sistematis terhadap pilihan-pilihan yang ada dengan mempertimbangkan segala konsekuensinya bagi perusahaan.

Proses pemikiran dan pertimbangan dari seorang manajer. Sebagai contoh seorang manajer manufaktur menerapkan pengalaman dan intuisinya dalam mengevaluasi rancangan sebuah pabrik baru menggunakan model matematika.

Perundingan antara beberapa manajer. Contohnya aktivitas saling memberi dan menerima saran yang terjadi di antara komite eksekutif mengenai fungsi system informasi mana yang akan diterapkan terlebih dulu. Dalam proses negosiasi inilah pengaruh kebijakan-kebijakan perusahaan dapat dilihat dengan jelas.

Sistem informasi manajemen dapat membantu dan memudahkan perusahaan atau suatu organisasi dalam upaya penyelesaian masalah dengan memberikan solusi dan mengambil keputusan terbaik. Pada saat pemilihan solusi terbaik dapat menggunakan teori Henry Mintzberg yang mengidentifikasikan 3 pendekatan dalam pengambilan solusi terbaik, dengan cara analisis, penilaian, dan negosiasi.

Referensi :

  • http://www.sistem-informasi.xyz/2016/11/pemecahan-masalah-dan-pengambilan.html
  • https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/sistem-informasi-manajemen.html
  • https://hettyherawati2704.wordpress.com/2014/01/04/peranan-sim-sistem-informasi-manajemen-dan-sio-sistem-informasi-organisasional-dalam-pemecahan-masalah
Andreas Raharto Condrobimo