School of Information Systems

Lima Musuh dalam Menguasai Master Data Management

Master Data Management merupakan salah satu solusi untuk mendukung manajemen dalam penggunaan dan analisis informasi penting. Master Data Management dapat memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan baik dalam jangka pendek dan jangka panjang. Master Data Management adalah suatu cara untuk memperoleh, meningkatkan, dan berbagi data master. Master Data Management melibatkan pembuatan definisi yang konsisten dari perusahaan melalui teknik integrasi di beberapa sistem internal IT dan mitra atau pelanggan. Master Data Management yang terkait dengan pemberdayaan data, bertujuan untuk meningkatkan kualitas data, memanfaatkan untuk keunggulan kompetitif, mengelola perubahan, dan mematuhi peraturan dan standar. Master Data Management mewakili pandangan data master yang mencakup hubungan dan ketergantungan dari semua data perusahaan untuk mendukung proses bisnis dan pengambilan keputusan. Tujuan MDM adalah untuk menciptakan dan menjaga konsisten, lengkap, kontekstual, dan akurat data bisnis bagi perusahaan. Namun, terdapat lima musuh yang sering dihadapi dalam menguasai Master Data Management yang akan dibahas pada artikel ini.

Pertama adalah keterlibatan bisnis yang tidak memadai: Jika pengguna bisnis kurang memahami Master Data Management secara umum, tidak terlibat dalam strategi dan rencana Master Data Management atau terlambat dipanggil ke dalam upaya, maka tidak akan mendapatkan sumber daya dan keahlian yang dibutuhkan untuk kesuksesan Master Data Management. Untuk membantu mendapatkan pengguna bisnis yang sesuai, hal yang harus dilakukan adalah mencari platform Master Data Management yang menyediakan antarmuka pengguna bisnis dan alur kerja yang memudahkan pengguna bisnis untuk terlibat, daripada yang hanya berfokus pada tim teknis.

Kedua adalah kegagalan untuk menyeimbangkan jangka pendek dan jangka panjang: Penerapan Master Data Management skala perusahaan adalah perjalanan multi-tahun dan bukan hanya peristiwa satu kali. Untuk kesuksesan terbaik, mulailah program Master Data Management dengan berfokus pada kebutuhan yang mendesak. Hal ini akan menghasilkan pengembalian yang cepat atas investasi Master Data Management saat akan membangun keterampilan, sehingga dapat memperluas penggunaan Master Data Management ke lebih banyak domain dan pada akhirnya mencapai skala perusahaan. Untuk membantu sepanjang perjalanan panjang Master Data Management, carilah platform Master Data Management multi-domain yang fleksibel seperti TIBCO EBX Software, dengan referensi skala perusahaan yang telah terbukti.

Ketiga adalah meremehkan beban kerja rekayasa data: Setiap proyek Master Data Management mengharuskan untuk memahami, mengakses, dan mengintegrasikan data sumber dengan cara tertentu. Hal ini dapat menjadi sangat menantang dalam lingkup data terdistribusi saat ini, dimana data dapat menjangkau banyak repositori, baik di dalam maupun di cloud. Untuk mengatasi tantangan ini, lengkapi platform Master Data Management utama dengan portofolio solusi integrasi data yang tangkas, seperti TIBCO Data Virtualization, dan solusi manajemen metadata holistik, seperti TIBCO Cloud Metadata.

Keempat adalah kualitas data yang buruk: Proyek Master Data Management memaksa untuk menelusuri data dan sebagai hasilnya akan mengungkap banyak tantangan kualitas data. Perlu diingat bahwa satu-satunya kualitas data yang penting adalah kualitas data yang memengaruhi bisnis. Daripada berjuang untuk kesempurnaan, bidik tingkat keefektifan data yang membantu bisnis agar sukses.

Kelima adalah kesalahan kepatuhan: Data master tentang pelanggan, karyawan, produk, dan lainnya adalah komponen penting dalam audit dan pelaporan kepatuhan. Kegagalan di sini bukanlah pilihan dan kolaborasi adalah kuncinya. Maka yang harus diperhatikan adalah cara untuk menyatukan:

  • Pengguna Bisnis yang memahami persyaratan peraturan
  • Data Engineer yang dapat menerjemahkan persyaratan ini ke dalam aset data master
  • Staf Data yang dapat menetapkan tata kelola berkelanjutan yang dibutuhkan untuk memastikan terus mematuhinya saat bisnis dan peraturan berubah

Refrensi:

  • (2015). Master Data Management Model in Company: Challenges and Opportunity. ComTech, 515-516.
  • https://ofiskita.com/articles/detail/master-data-management-yang-dibutuhkan-oleh-bisnis
  • https://www.tibco.com/blog/2021/01/11/to-master-master-data-management-master-these-five-enemies/
Siti Julianingsih Nurfitriyani