School of Information Systems

4 Tips Seru Belajar dari Rumah dengan Google Earth

https://www.liputan6.com/tekno/read/4241279/4-tips-seru-belajar-dari-rumah-dengan-google-earth

Iskandar

30 Apr 2020, 08:00

Google Earth adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk menjelajahi seluruh dunia dari atas dengan citra satelit dan medan 3D dari seluruh globe dan bangunan 3D di ratusan kota di seluruh dunia. Kamu bahkan bisa memperbesar (zoom) rumah atau tempat lain, lalu melihat dengan perspektif 360 derajat menggunakan Street View. Tak hanya itu, Google Earth juga bisa kamu manfaatkan untuk belajar tentang jarak hingga mengetahui tempat-tempat penting di sejumlah negara.

Berikut adalah empat cara mudah bagi kamu untuk menggunakan Google Earth sebagai sarana belajar atau cuma sekadar merasakan bepergian dan berpetualang di tempat-tempat baru sambil tetap aman di rumah.

  1. Berkeliling dunia dengan tombol “Saya Lagi Beruntung”

Fitur “Saya Lagi Beruntung” Google Earth mensimulasikan pengalaman memutar sebuah globe dan mendaratkan jari kamu di sebuah tempat yang tidak terduga. Menurut keterangan resmi dari Google Indonesia, Kamis (30/4/2020), cukup dengan mengklik tombol “dadu”, kamu bisa belajar tentang dunia dan mengunjungi tempat yang tidak terduga.

  1. Mengukur dunia

Kalau kamu penasaran berapa kilometer jarak rumah kamu dari Machu Picchu atau berapa mil jarak antara Pulau Paskah dan Hawaii, rasa penasaran kamu akan terjawab. Dengan alat ukur Google Earth, kamu bisa dengan mudah mengetahui jarak antara lokasi berbeda, panjang jalur, dan luas sebuah tempat. Coba ubah satuan ukurannya, misalnya ke satuan smoot, dan hitung berapa lama kamu harus berjalan, berlari, berenang, mendayung, atau terbang ke tempat favorit kamu.

  1. Bermain dan menjelajah dengan Voyager

Hanya dengan beberapa klik, kamu bisa menguji pengetahuan kamu tentang taman nasional, suara hewan, atau eksplorasi ruang angkasa. kamu bahkan bisa menjelajahi dunia bersama Carmen Sandiego. Para siswa juga dapat mencoba bermain Earth Bingo atau mencari huruf dengan citra satelit.

Selain itu, pertimbangkan penggunaan Street View untuk memainkan permainan “Cari benda yang kulihat” secara digital dan cari benda-benda yang ada di versi online dari jalan serta lingkungan dekat rumah siswa, atau bahkan di museum.

  1. Kunjungi situs partner edukasi Google

Banyak dari penyusun cerita Voyager memiliki materi dan aktivitas online gratis yang memanfaatkan Google Earth. Para siswa dapat mengasah keterampilan geografis mereka dan menemukan inspirasi bersama National Geographic. Kamu dapat menghadirkan koleksi video dan rencana pelajaran World Explorers dari PBS Learning Media ke kelas hanya dengan mengklik tombol “Share to Google Classroom”.

Media4Math telah menyusun koleksi materi yang menambahkan konteks dunia nyata ke prinsip-prinsip matematika seperti geometri bangunan puri dan struktur berbentuk lingkaran. Setelah belajar tentang bentuk, lanjutkan dengan mempelajari suara menggunakan kurikulum Global Oneness Project yang membahas keanekaragaman bahasa dan kelanggengan bahasa daerah dari pengguna bahasa tersebut di berbagai belahan dunia. Kurikulum ini adalah pelengkap dari koleksi audio Google Earth, Celebrating Indigenous Languages.

Kamu juga bisa menemukan lebih banyak materi dan aktivitas kelas Google Earth di situs Google Earth Education serta TES, sebuah pusat koleksi materi yang berisi banyak konten penting untuk belajar di rumah.

Pengajar yang ingin berbagi ide tentang pemanfaatan Google Earth dan alat pemetaan di kelas dengan pengajar-pengajar lain dapat mengunjungi Google Earth Education Community Forum yang baru, dan terus mengikuti Google Earth di Twitter dan Facebook.

Iskandar