School of Information Systems

Strategi Pemasaran Coffee Shop disekitar Area Kampus

Coffee shop pada mulanya hanya menyediakan tempat untuk minum kopi dan teh dengan cepat. Akan tetapi, karena perkembangan dan kebutuhan pelanggan yang semakin lama semakin kompleks dan tidak ada habisnya, berkembanglah coffee shop seperti yang sekarang ini.

Sejarah dari coffee shop modern ini sebenarnya berasal dari Amerika, di mana ciri pelayanan dan penyajiannya yaitu secara cepat. Makanan biasanya sudah diporsikan dalam suatu piring atau yang disebut juga dengan “ready on the plate” dan dengan istilah pelayanan yaitu American Service. Coffee shop ini dikategorikan ke dalam restoran yang informal dan terkadang buka untuk 24 jam.

Coffee shop pada era zaman sekarang ramai digandrungi oleh anak muda seperti mahasiswa/mahasiswi disekitaran kampus karena dengan membeli produk yang ada, mereka dapat mengerjakan tugas dan bersantai dengan fasilitas yang tersedia sehingga mereka dapat betah dan nyaman saat berada di coffee shop kita.

Lalu, apa saja sih yang harus diperhatikan saat ingin membuat coffee shop yang baik dan nyaman untuk area disekitar kampus? Bisnis kedai kopi anda akan berhasil meraup omzet besar dan ramai dikunjungi oleh mahasiswa/mahasiswi apabila menerapkan strategi pemasaran berikut ini:

1. Eksterior Menarik

Eksterior yang menarik merupakan faktor pertama yang akan dilihat orang. Eksterior juga merupakan faktor pertama yang menarik orang untuk masuk karena rasa penasaran yang mereka punya akan coffee shop tersebut.

2. Mengutamakan kualitas produk dan pelayanan terbaik.

Sebagai coffee shop yang baik, kita harus memiliki kualitas, citarasa dan aroma kopi yang dapat memuaskan konsumen utama kita yaitu mahasiswa/mahasiswi sekitaran kampus. Selain itu, pelayanan juga merupakan suatu hal penting karena kita juga harus mengerti dan memahami keinginan pelanggan sehingga pelanggan dapat puas dengan pelayanan kita. Hal ini akan menjadi kelebihan kedai kopi anda.

3. Konsep dan Design Tepat.

Pertama-tama kita harus mengetahui dan menentukan dengan matang mengenai konsep coffee shop yang diinginkan oleh mahasiswa/mahasiswi disekitaran kampus dengan cara melakukan survei kuisioner. Konsep yang telah terbentuk dengan baik akan memudahkan Anda untuk membuat interior dan juga melihat target pasar yang diinginkan oleh mahasiswa/mahasiswi. Selain itu, perhatikan juga pemilihan meja dan

kursi, pencahayaan, aroma ruangan yang harum dan juga warna ruangan sehingga membuat orang nyaman dan betah di coffee shop kita.

4. Harga Bersaing dan Bersahabat.

Sebagai coffee shop, kita harus menentukan harga yang sesuai untuk kantong mahasiswa dan dapat bersaing dengan kompetitor disekitar kampus sehingga banyak mahasiswa/mahasiswi dapat membeli produk kita dan laku keras.

5. Inovasi dan Fasilitas Lengkap.

Ciptakan ide kreatif dan inovatif dalam menambahkan pilihan produk atau jasa. Mereka menambahkan rasa yang berbeda pada kopi mereka, menambahkan menu makanan dan menu snack yang menarik. Untuk coffee shop modern juga dapat dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang ada misalnya AC, Charging Station di setiap meja, pemutaran lagu dan adanya Wi-Fi gratis sehingga dapat menarik minat mahasiswa/mahasiswi untuk membeli produk/menu sambil mengerjakan tugas dengan fasilitas yang telah disediakan.

6. Luncurkan promo dan Tingkatkan Eksistensi di Media Sosial.

Jangan ragu untuk meluncurkan promo diskon seperti menawarkan diskon 25% kopi dan cemilan pukul 11.00-15.00. dan pada saat valentine bisa buat promo 2nd item get 50% Dengan begitu, mahasiswa/mahasiswi dapat tertarik untuk datang ke coffee shop. Sebagai coffee shop yang berada disekitaran kampus, maka cara yang paling efektif untuk eksis di media sosial adalah melakukan promosi kepada mahasiswa/mahasiswi untuk memposting minuman/makanan, produk, ataupun coffee shop kita. Maka dari itu kita harus membuat display minuman dan makanan secantik mungkin agar memancing pelanggan/mahasiswa untuk memphoto dan memposting minuman/makanan tersebut. Strategi ini lebih tepat untuk kedai kopi yang baru diluncurkan, tetapi hanya dilakukan untuk hari tertentu saja.

7. Membuat Social Media .

Sebuah brand yang memiliki Social Media seperti Instagram akan memperkuat brand awareness kedai kopi anda di masyarakat. Buat desain dan konten yang menarik, juga ramaikan social media anda dengan foto-foto menu makanan dan minuman yang disajikan, serta informasi harganya.

Referensi :

Strategi Pemasaran Bisnis Kedai Kopi

7 Strategi Komunikasi Pemasaran Café Kekinian

Verent Angelia