School of Information Systems

Strategi Bisnis Minimarket di Perkantoran

Sekarang ini terdapat banyak sekali pilihan usaha yang dapat ditekuni oleh seseorang. Salah satunya yaitu bisnis minimarket yang tergolong sebagai bisnis retail yang memiliki potensi besar. Kehadiran bisnis minimarket menawarkan alternatif untuk para konsumen yang membutuhkan produk namun sulit ditemukan di warung tradisional pada umumnya.

Bisnis minimarket bukan jenis usaha musiman, sehingga bisnis tersebut akan selalu laku kapan saja. Prospek dan potensi usaha minimarket yang sangat menjanjikan dimanfaatkan oleh sebagian besar pebisnis pemula. Namun, Sebuah usaha yang sukses tidak terlepas dari pemilihan lokasi yang tepat serta strategis. Pemilihan lokasi yang strategis akan membantu anda mendekatkan diri dengan target pasar yang ingin anda tuju. Semakin ramai lokasi yang dipilih, maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan pelanggan. Salah satu lokasi yang strategis ialah area perkantoran. Tentunya dengan memanfaatkan jam istirahat para pegawai kantor seperti saat jam makan siang, maka bisnis minimarket bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tetapi tidak hanya lokasi saja yang jadi pantokan kesuksesan sebuah usaha, strategi bisnis lainnya juga dibutuhkan untuk mendukung kesuksesannya sebuah usaha.

Strategi bisnis adalah upaya perusahaan dalam mengambil kebijakan dan pedoman yang memiliki komitmen dan tindakan yang terintegrasi serta dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis untuk memenuhi dan mencapai tujuan bisnis. Dengan adanya strategi bisnis, perusahaan mampu menentukan arah perusahaan dengan mengidentifikasinya dari segi pasar, pesaing, pelanggan dan lain sebagainya. Untuk mencapai keuntungan bisnis yang maksimal, perusahaan membutuhkan beberapa strategi bisnis. berikut ini adalah enam strategi bisnis yang dapat dilakukan untuk mensukseskan bisnis Anda.

Kenali Target Pasar

Sebelum menjual sebuah produk secara profesional, Anda harus menjadi konsumen terlebih dahulu. Dengan menjadi pemakai produk yang Anda jual, maka Anda dapat mengetahui siapa target pasar Anda dan apa yang mereka inginkan dari produk yang Anda jual tersebut. Hal ini akan membuat Anda lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang diinginkan pembeli dari bisnis Anda.

Perhatikan Kualitas

Sekarang ini, semakin banyak bisnis baru yang bermunculan dengan produk beragam. Namun, bisnis yang benar-benar memerhatikan kualitas dapat dibilang hanya sedikit. Kualitas dalam bisnis adalah hal penting yang perlu ditingkatkan untuk menarik banyak konsumen. Perhatikan kualitas dari beberapa unsur yang Anda jual dalam bisnis tersebut. Mulai dari kualitas kemasan, kualitas rasa (jika menjual produk makanan), kualitas isi produk, kualitas bahan baku hingga kualitas layanan yang terbaik. Kualitas yang lebih baik dari pesaing tentu akan membuat bisnis Anda selangkah lebih maju.

Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi merupakan modal penting dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, setiap pengusaha atau pelaku bisnis harus membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan wacana lainnya sebagai sumber inspirasi. Ide kreatif dapat menjadi sumber inspirasi dalam menciptakan suatu inovasi produk tertentu sehingga akan memberikan peluang sukses yang lebih besar pada bisnis Anda. Selain itu, dengan kreativitas dan inovasi yang Anda tawarkan maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan mereka tidak merasa bosan.

Manajemen Bisnis

Manajemen merupakan hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan suatu bisnis. Salah satu hal penting yang berkaitan dengan manajemen ini adalah manajemen keuangan. Ingat, keuangan merupakan nyawa dari setiap bisnis yang Anda jalankan. Salah satu manajemen keuangan yang penting untuk dilakukan adalah melakukan proses akuntansi secara tepat dan akurat.

Promosi Efektif

Melakukan promosi yang efektif kepada calon konsumen merupakan strategi yang wajib dilakukan oleh pebisnis. Saat ini, melakukan promosi sangatlah mudah, bahkan dapat dilakukan secara gratis. Anda dapat menggunakan media sosial atau media online lainnya untuk memperkenalkan produk atau memberitahukan promo – promo yang ada di usaha Anda. Di media sosial juga Anda dapat melakukan promosi pada banyak orang yang lebih spesifik dan menyukai produk Anda. Saat melakukan promosi, sebaiknya gunakan visual yang berkualitas, serta informasi yang detail untuk menjelaskan tentang produk yang Anda jual. Lakukan promosi secara berkala, dengan begitu calon konsumen akan lebih mudah terjaring.

Manfaatkan Teknologi

Pemanfaatan teknologi untuk bisnis dapat memotong biaya produksi yang dibutuhkan. Contohnya jika sebuah pekerjaan dapat dilakukan dengan teknologi mesin hingga robot, makan otomatis biaya operasional karyawan juga dapat ditekan. Atau teknologi bisa juga digunakan untuk promosi karena zaman sekarang perusahaan – perusahaan lebih sering mempromosikan bisnis nya lewat media sosial. Terlebih jika bisnis digital, Anda dapat menjalankan bisnis secara otomatis dengan memanfaatkan platform yang ada.