School of Information Systems

Restoran sebagai Penunjang Wisata Pegunungan

Tinggal di kawasan pegunungan tentunya sangat menyenangkan, dengan menikmati pemandangan alami yang indah, menghirup udara segar yang dihasilkan oleh pohon-pohon rindang setiap harinya. Bagi yang berada di daerah pegunungan dan berencana untuk merintis sebuah bisnis, hal ini dapat dijadikan sebuah kesempatan. Dengan memanfaatkan peluang bisnis wisata gunung lainnya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki. Wisatawan akan  tertarik dengan tempat wisata yang dibuat semenarik mungkin dan juga mempunyai lokasi yang dapat memperlihatkan pemandangan indah pegunungan.

Perkembangan usaha pada bidang kuliner khususnya restoran berkembang dengansangat cepat dan lebih baik, peluang yang diberikan sangat besar dan juga menjanjikan. Bisnis kuliner tergolong cukup mudah menarik pengunjung di daerah manapun, termasuk yang berdekatan dengan wisata pegunungan. Membuka restoran sebagai tempat mengisi perut dengan berbagai makanan berat, cafe untuk tempat bersantai atau warung kecil-kecilan yang menyediakan minuman. Restoran saat ini tidak hanya sekedar menjual makanan, namun perpaduan cita rasa yang unik, lingkungan, cara penyajian bahkan suasana yang diberikan oleh restoran tersebut. Maka tidak heran timbul persaingan bisnis yang ketat untuk menarik perhatian konsumen.

Agar restoran dapat berjalan dengan sukses, maka memerlukan strategi yang memperhatikan beberapa hal supaya diminati oleh wisatawan, diantaranya:

  • Poin pertama yang harus kamu perhatikan adalah konsep. Tentukan konsep yang unik agar memiliki nilai jual yang menarik. Carilah konsep yang belum dimiliki restoran lain, hal ini akan membuat pembeli mudah mengingat restoran kamu karena hanya ada satu-satunya.
  • Harus pintar-pintar memilih hidangan yang sesuai dinikmati di suhu dan pemandangan pegunungan. Makanan berkuah dan hangat sangat cocok jika dijajakan di daerah ini karena biasanya daerah pegunungan mempunyai udara yang sejuk dan dingin.
  • Menghidangkan menu makanan khas daerah tersebut. Mengingat daerah pegunungan menjadi salah satu tempat liburan yang banyak dikunjungi selain menyajikan makanan di restoran, dapat dibuat makanan yang menjadi oleh-oleh.
  • Perlu diperhatikan juga dengan penetapan harga, jangan menjual menu yang mahal jika kualitas biasa saja. Tentu pembeli akan mikir dua kali untuk membelinya. Tetapkanlah harga yang ramah dikatong namun kualitasnya juara.
  • Memperhatikan lokasi tempat bisnis, seperti membangun warung kuliner menghadap ke arah pemandangan bawah gunung yang biasanya dipenuhi lampu-lampu cantik perkotaan untuk menarik pengunjung dan memperlihatkan pemandangan alam yang dapat dinikmati pengunjung.
  • Menyediakan balkon dan spot swafoto bagi pengunjung dengan latar belakang hutan  dan gunung.
  • Memberi suasanya yang nyaman untuk pengunjang, dengan menjaga kebersihan restoran setiap waktu untuk membuat pengunjung menjadi nyaman.
  • Melakukan pemasaran di media sosial, dengan emanfaatkan media sosial sebaik mungkin, salah satunya adalah untuk mempromosikan restoran. Ini bisa menjadi salah satu wadah agar restoran kamu diketahui banyak orang. Selain itu, dengan membuat akun khusus di media sosial, kita dapat meng-update berita terbaru di restoran, seperti menu baru yang disediakan ataupun menu yang lagi promo.

Reference:

  1. https://m.liputan6.com/bisnis/read/3550080/restoran-sepi-pengunjung-simak-7-tips-berikut-agar-selalu-ramai
  2. https://www.jurnal.id/id/blog/potensial-peluang-bisnis-wisata-gunung/

 

Kristianto