School of Information Systems

Menggunakan Zoom Mengingatkan Kita Arti Menjadi Manusia

Belakangan ini banyak orang telah menjadi peserta dalam ekperimen sosial yang tidak disengaja – Video Conference yang menggantikan komunikasi tatap muka.

Kita sama-sama merasakan dalam penggunaan aplikasi untuk berinteraksi online membuat kita menjadi “kurang manusia”. Meskipun kita menghabiskan jumlah waktu yang sama dalam rapat kita, kita mendapati kurang produktif. Interaksi sosial kurang memuaskan dan pembelajaran jarak jauh kurang efektif. Dan kita sama-sama frustrasi karena kita tidak tahu mengapa.

Apa yang hilang?

Lokasi meeting. Secara fisik, ruang dan konteks memberikan kita rasa dan tanda. Apakah Anda bertemu di ruang dewan lantai 47 dengan pemandangan yang indah? Apakah Anda dikelilingi oleh percakapan animasi lainnya di kedai kopi atau duduk dengan teman sekelas lainnya di ruang kuliah? Dengan kita bekerja dari rumah, kita tidak dapat mengetahui di mana pertemuannya atau seberapa penting lokasi dan pengaturan dalam ruang dan konteks. Dalam video conference, semua petunjuk kontekstual disamakan. Kita terlihat sama apakah bermain poker atau melakukan transaksi jual beli, dalam setelan atau tanpa celana. Orang-orang melihat ruang pribadi kita. Sekarang kita perlu memeriksa apakah ada sesuatu yang memalukan. Atau anak-anak kita menjerit dan mengganggu rapat. Sangat melelahkan, berusaha memisahkan bisnis dan kehidupan rumah tangga.

Di dunia nyata kita tidak “berteleportasi” ke rapat. Konferensi video membuat kita melewatkan transisi ketika kita memasuki gedung, menemukan ruangan dan duduk. Transisi yang sama hilang ketika kita meninggalkan konferensi video. Tidak ada yang keluar masuk. Pertemuan baru saja berakhir.

Kontak fisik. Kedua, kebanyakan pertemuan bisnis dan sosial dimulai dengan kontak fisik – jabat tangan atau berpelukan. Ada sesuatu tentang interaksi fisik pertama yang mengomunikasikan kepercayaan dan koneksi melalui sentuhan. Dalam pertemuan bisnis, ada juga ritual formal bertukar kartu nama. Itu semua adalah kata pendahuluan untuk membangun koneksi untuk pertemuan yang berikutnya.

Melihat Cermin Sambil Rapat. Sebelum bertemu langsung, kita dapat melakukan pemeriksaan cepat terhadap penampilan kita, tetapi kita pasti tidak mengangkat cermin di tengah-tengah rapat melihat bagaimana penampilan kita. Namun dengan fokus pada kita sama seperti yang lain, sebagian besar aplikasi video tampaknya dirancang untuk membuat kita sadar diri dan mengalihkan perhatian dari siapa yang sedang berbicara.

Bahasa Non-verbal. Yang paling penting, para peneliti telah mengetahui setidaknya selama lima puluh tahun bahwa setidaknya setengah dari cara kita berkomunikasi adalah melalui isyarat non-verbal. Dalam percakapan, kami menonton tangan orang lain, mengikuti gerakan mereka, fokus pada ekspresi wajah dan nada suara mereka. Kami melakukan kontak mata dan memperhatikan apakah mereka melakukannya. Dan kita terus-menerus mengikuti bahasa tubuh mereka (postur, orientasi tubuh, bagaimana mereka berdiri atau duduk, dll.)

Dalam sebuah pertemuan fisik, Bahasa non-verbal tidak hanya berasal dari pembicara, tetapi juga dari peserta, melirik ke hal lain, mengangkat bahu antara rekan-rekan kita dan lainnya. Di layer computer semua interaksi tersebut hilang.

Tetapi aplikasi konferensi video hanya menawarkan pandangan tetap dari satu kamera. Semua orang diturunkan ke kotak satu dimensi di layar. Ini sama saja dengan kepala kita disegel agar tidak kemana-mana, dipaksa masuk ke pertemuan mengenakan penutup mata dan diikat ke kursi.

References :

https://medium.com/@sgblank/whats-missing-from-zoom-reminds-us-what-it-means-to-be-human-651be7cbff39

Evaristus Didik Madyatmadja