School of Information Systems

E-Commerce: How has e-commerce affected Business-to-Business transactions?

E-Commerce atau Perdangangan Elektronik merupakan kegiatan jual beli barang ataupun jasa melalui internet. Pesatnya perkembangan teknologi informasi membuat transaksi konvensional menjadi mungkin untuk dilakukan secara online dan dapat meningkatkan perekonomian Nusantara. E-Commerce terjadi pada beberapa ruang lingkup seperti bisnis ke bisnis, bisnis ke konsumen, konsumen ke konsumen, dan konsumen ke bisnis. Perdangangan antar perusahaan bisnis mewakili pasar yang sangat besar, kompleks, dan memerlukan intervensi manusia yang signifikan.

Transaksi bisnis ke bisnis biasa atau juga disebut B2B merupakan bentuk transaksi antar bisnis seperti yang melibatkan produsen dan grosir, atau grosir dan pengencer. Transaksi bisnis ke bisnis mengacu pada bisnis antar perusahaan, bukan antara perusahaan ke konsumen individu atau sebaliknya. Transaksi B2B merupakan transaksi yang umum, karena perusahaan membeli komponen dan produk seperti bahan baku lain untuk digunakan dalam proses manufaktur. Kemudian produk jadi dapat dijual kepada konsumen individu melalui transaksi Business-to-Consumer.

Internet menyediakan lingkungan yang kuat dimana bisnis dapat mencari tahu tentang produk dan layanan untuk transaksi B2B di masa depan. Website dari sebuah perusahaan dapat memungkinkan pihak dari perusahaan lain untuk mempelajari tentang produk dan layanan bisnis dari perusahaan dan memulai kontak atau kerjasama.

Transaksi B2B adalah hal yang biasa bagi perusahaan manufaktur seperti Samsung misalnya. Samsung merupakan pemasok terbesar perusahaan Apple dalam produksi iPhone. Apple juga memiliki hubungan B2B dengan perusahaan seperti Intel, Panasonic, dan produsen semikonduktor Micron Technology. Penyedia layanan juga terlibat dalam transaksi B2B. Perusahaan yang berspesialisasi dalam manajemen properti misalnya, mereka sering menjual layanan ini secara eksklusif ke bisnis lain, bukan kepada konsumen individu.

Sekitar 80 persen dari E-Commerce B2B online masih didasarkan pada sistem kepemilikan untuk pertukaran data electronis (EDI). EDI atau Electronic Data Interchange merupakan proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dan dalam bentuk elektronik. EDI memungkinkan pertukaran komputer-ke-komputer antara dua organisasi transaksi standar seperti faktur, bill of lading, jadwal pengiriman, atau pesanan pembelian.

Walaupun masih banyak organisasi yang menggunakan jaringan pribadi untuk EDI, mereka semakin aktif di web karena teknologi internet menyediakan platform yang jauh lebih fleksibel dan berbiaya rendah untuk menghubungkan ke perusahaan lain. Perusahaan dapat memperluas teknologi digital ke berbagai kegiatan yang lebih luas dan memperluas jaringan mitra dagang mereka.

Bisnis sekarang dapat menggunakan internet untuk menemukan pemasok yang menawarkan biaya terendah, mencari katalog online produk pemasok, bernegosiasi dengan pemasok, memesan, melakukan pembayaran, dan mengatur transportasi. mereka tidak terbatas pada mitra yang terhubung oleh jaringan EDI tradisional.

Jaringan industri swasta biasanya terdiri dari perusahaan besar yang menggunakan Secure Website untuk menautkan ke pemasok dan mitra bisnis utama lainnya. Pembeli memiliki jaringan, dan itu memungkinkan perusahaan dan pemasok yang ditunjuk, distributor, dan mitra bisnis lainnya untuk berbagi desain dan pengembangan produk. Istilah lain untuk jaringan industri swasta adalah pertukaran pribadi.

Teknologi internet dapat memungkinkan perusahaan untuk membuat etalase penjualan untuk dijual ke perusahaan bisnis lainnya, menggunakan teknik yang sama seperti yang digunakan dalam transaksi bisnis ke konsumen (B2C).

Dengan transaksi B2B E-Commerce memungkinkan perusahaan bisnis untuk mencari pemasok, meminta penawaran, memesan, dan melacak pengiriman transit secara efektif dan efisien. Pasar bersih menyediakan pasar digital tunggal untuk banyak pembeli dan penjual. Jaringan perusahaan pun menjadi semakin luas dan mudah dalam bertransaksi antar perusahaan bisnis.

References :

  • Chen, James. 2019. “Business to Business (B2B)”, https://www.investopedia.com/terms/b/btob.asp, diakses pada 22 Oktober 2019
  • “Pertukaran data elektronik”, https://id.wikipedia.org/wiki/Pertukaran_data_elektronik, diakses pada 22 Oktober 2019)
  • Kenneth C. Laudon, Jane Laudon. Essentials of MIS Twelfth Edition.