School of Information Systems

E-Bisnis dan Kolaborasi Global Peran Fungsi Sistem Informasi dalam Bisnis

Perkembangan dunia bisnis yang semakin hari semakin maju mendorong pelaku binis untuk menciptakan ide-ide baru dalam bisnis mereka, selain itu adanya keinginan untuk memperluas bisnis, menekan biaya dan memaksimalkan kecanggihan teknologi sehingga mampu mendukung berjalannya sebuah perusahaan yang akan dapat keuntungan lebih besar dari sebelumnya, dan juga adanya kemajuan dalam sistem informasi membuat para pebisnis tertarik untuk terus memajukan bisnis mereka. Peran sistem informasi sangat mendorong perubahan terutama bagi perusahaan guna pengambilan keputusan. Meningkatnya penggunaan teknologi informasi sangat memudahkan orang untuk melakukan komunikasi, diskusi ataupun saling tukar pikiran yang tidak hanya dilakukan oleh dua orang saja namun bias lebih dari itu. Hal tersebutlah yang mendorong perusahaan ingin memanfaatkan kecanggihan tersebut untuk memperluas dunia bisnisnya, memperlancar komunikasi, menekan biaya serta memaksimalkan kecanggihan teknologi yang di miliki. Seperti yang kita ketahui berbagai aplikasi yang mendukung proses pertukaran informasi kini semakin meluas, hal tersebutlah yang di lihat para pelaku bisnis sebagai kesempatan atau peluang bisnis yang dapat di manfaatkan penggunaannya. Pada hal tersebut kini munculah sistem kolaborasi dimana memanfaatkan aplikasi-aplikasi canggih untuk melakukan komunikasi sehingga dapat berkerja sama, serta muncul juga bisnis jejaring sosial yang memanfaatkan aplikasi jejaring sosial untuk memperluas jangkauan bisnis sehingga semakin banyak orang-orang yang mengetahui bisnis yang sedang berjalan.

Proses bisnis adalah seperangkat aktivitas yang berhubungan secara logis yang dimana suatu pekerjaan terorganisir, terkoordinasi, dan fokus untuk menghasilkan produk atau jasa yang memiliki nilai. Proses bisnis merupakan aliran kerja yang kongkret dari bahan baku, informasi dan pengetahuan. Proses ini juga tergantung pada seberapa baik bisnis dirancang dan dikoordinasikan selain itu juga menjadi sebuah kekuatan kompetitif perusahaan. Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.Sistem informasi mengotomatiskan langkah-langkah dalam proses bisnis yang sebelumnya dilakukan secara manual, seperti mencetak tagihan, memeriksa kredit klien dan mengirim pesanan. Tetapi teknologi informasi saat ini dapat melakukan hal lebih banyak lagi, yaitu mengubah arus informasi sehingga memungkinkan bagi lebih banyak orang untuk mengakses dan berbagai informasi, mengubah prosedur yang seharusnya dikerjakan secara berurutan menjadi dapat dilakukan secara bersamaan, serta menghilangkan hambatan-hambatan dalam pengambilan keputusan. Teknologi informasi yang

baru sering kali mengubah cara organisasi bisnis dalam bekerja dan mendukung model bisnis yang baru secara menyeluruh,

Peran sistem informasi dalam bisnis: 1. Mendukung operasi bisnis 2. Mendukung pengambilan keputusan managerial 3. Mendukung keunggulan strategis 4. Meningkatkan pelayanan secara menyeluruh; CIO (Chief Information Officer), merupakan jabatan yang relative baru relatif di jajaran ‘top executive’ perusahaan. Bertanggung jawab untuk sistem informasi internal perusahaan, terutama dengan kehadiran internet, terkadang bertanggung jawab atas infrastruktur bisnis elektronik perusahaan. CSO (Chief Security Officer), bertanggung jawab atas sistem bisnis dan keamanan komunikasi perusahaan. The CKO (Chief Knowledge Officer) bertanggung jawab untuk manajemen pengetahuan organisasi.

Fungsi sistem informasi dalam bisnis 1. Pemrosesan transaksi 2. Pengawasan 3. Pengingat 4. Penggalian informasi

Pada kesimpulan hal di atas yaitu dalam bisnis di jaman sekarang dibutuhkan sekali peran-peran sistem informasi dalam sebuah bisnis. Fungsi sistem informasi dalam bisnis yaitu pemrosesan transaksi, pengawasan, pengingat dan penggalian informasi.

Referensi: · http://zulfadli7714.blogspot.com/2016/11/peran-dan-fungsi-sistem-informasi-dalam.html?view=mosaic · https://www.academia.edu/30882436/TUGAS_MANDIRI_BISNIS_ELEKTRONIK_E-Business_DAN_KERJA_SAMA_GLOBAL

A. Raharto Condrobimo