School of Information Systems

E-Commerce: Digital Markets, Digital Goods di Era Digital

Pada saat ini sudah banyak sekali E-commerce yang beredar di dalam negri maupun di luar negri karena pada era ini kita sudah hidup di negara maju. Di era digital ini perkembangan teknologi terjadi sebuah evolusi pada teknologi media, sebut saja new media atau orang juga sering menyebutnya media online atau orang lebih akrab lagi menyebutnya dengan istilah internet, media ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Media ini juga disebut-sebut sebagai media yang sampai saat ini belum ada yang menandingi pertumbuhan jumlah penggunanya. Di negara maju, new media mengalahkan berbagai media yang sebelumnya telah dijadikan sumber referensi dalam mendapatkan sebuah informasi.

Dalam waktu beberapa tahun belakangan ini new media diramaikan oleh fenomena munculnya situs jejaring sosial, situs ini menyediakan tempat didunia maya untuk membangun suatu komunitas jejaring pertemanan yang dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi yang terjadi memunculkan istilah E-Commerce yaitu proses pembelian dan penjualan produk,jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan jaringan komputer dan jaringan yang digunakan adalah jaringan internet.

Kesempatan dalam melakukan komunikasi pemasaran internet menjadikan sebuah trobosan baru dalam dunia pemasaran produk ataupun jasa.

Apa itu e-commerce? Pengertian E-Commerce adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer. Arti E-commerce (Electronic Commerce) dapat juga didefinisikan sebagai aktivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah, dan mendefenisikan kembali hubungan antara penjual dan pembeli.

Secara ringkas pengertian E-commerce dapat diartikan sebagai aktivitas transaksi jual-beli barang, servis atau transmisi dana atau data dengan menggunakan elektronik yang terhubung dengan internet. Transaksi e-commerce ini bukan lagi hal baru di tanah air, dan bahkan sekarangpun perkembangannya sudah sangat pesat.

Jenis-jenis E-commerce terdiri dari 5 yaitu:

1. E-Commerce Business to Business (B2B)

2. E-Commerce Business to Consumer (B2C)

3. E-Commerce C2C (Konsumen ke konsumen)

4. Consumen to Business (C2B)

5. Media atau aplikasi E-commerce

Contoh E-Commerce di Indonesia:

1. Jual beli online di marketplace Transaksi jual-beli online di Marketplace lokal sudah sangat ramai saat ini. Beberapa marketplace terkenal di Indonesia seperti; Bukalapak.com, Tokopedia.com, Blibli.com, Kaskus.co.id, Traveloka, dan lain sebagainya.

2. Internet banking dan sms banking Transaksi pembayaran melalui internet dan jaringan telekomunikasi juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan e-commerce.

3. TV kabel dan internet provider Berlangganan TV Kabel dan internet juga merupakan salah satu bentuk e-commerce yang sudah cukup lama berlangsung di Indonesia. Beberapa perusahaan yang ada di bisnis TV kabel dan internet provider diantaranya; Indovision, Big TV, Indihome, MyRepublic, dan Firstmedia.

Manfaat E-Commerce bagi bisnis dan konsumen

1. Manfaat E-commerce bagi pelaku bisnis

  • Kemudahan dalam aktivitas jual beli
  • Memangkas biaya pemasaran
  • Kemudahan dalam berkomunikasi dengan konsumen dan produsen
  • Dapat menjangkau target market yang lebih luas

2. Manfaat E-Commerce bagi konsumen -Konsumen dapat berbelanja dengan lebih mudah selama 24 jam sehari sepanjang tahun Konsumen dapat melihat berbagai pilihan produk yang dianggap terbaik dengan harga yang paling sesuai.

Jadi kesimpulannya adalah E-Commerce pada saat ini sangat marak sekali dan banyak peminat nya untuk bisnis,media,dan aplikasi dan berbagai macam manfaat yang positif untuk diri sendiri atau orang lain.

References :

  • http://eprints.ums.ac.id/40334/5/BAB%20I.pdf
  • https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-e-commerce.html