People Innovation Excellence
 

SIS FM Development Week – Case Based Learning Method For Online Teaching

Selasa, 16 Februari 2021, School of Information Systems, Binus University mengadakan SIS FM Development Week yang ditujukan bagi para Faculty Member. Pada kegiatan tersebut, topik yang dibahas adalah “Case Based Learning for Online Teaching” yang dibawakan oleh ibu Marisa Karsen, S.Kom., M.M. beliau merupakan subject & content coordinator information management. Kegiatan development week ini dilakukan secara online menggunakan aplikasi zoom yang dihadiri sebanyak 53 peserta.

Kegiatan dibuka oleh ibu marisa dengan membacakan rangkaian acara yang akan dilakukan dari pukul 14.00 hingga 16.00. Kegiatan ini membahas tentang bagaimana membawakan sebuah kelas yang membahas suatu kasus atau case-based learning dengan baik secara online. Kegiatan ini dimulai dengan sharing session dimana ibu marisa membagikan pengalaman ketika beliau mengikuti seminar dari Ivey Asia yang membahas Case Teaching Online Delivery.

Gambar 1. Sesi Opening

Kemudian, setelah menjelaskan pengalaman dari mengikuti seminar yang diadakan oleh Ivey Asia, ibu marisa meminta kepada para peserta untuk join ke Socrative dan menuliskan harapan yang bisa di dapatkan setelah mengikuti kegiatan ini dan hampir seluruh peserta berharap setelah mengikuti kegiatan ini, mereka ingin mengetahui Teknik – Teknik yang dapat digunakan ketika membawakan kelas CBL (Case-Based Learning).

Gambar 2. Sesi socrative

Kemudian, ibu marisa mengadakan sesi tanya jawab dengan para peserta dimana cukup banyak peserta yang bertanya. Dari hasil tanya jawab tersebut, kebanyakan peserta mengalami masalah yaitu ketika dosen sudah memberikan case kepada mahasiswa untuk dibaca, namun ketika hari kelas dimulai masih cukup banyak mahasiswa yang belum membacanya sehingga mengganggu jalannya kelas karena harus memotong waktu kelas lagi untuk mahasiswa membaca case yang telah diberikan. Berdasarkan masalah yang dihadapi, ibu marisa mencoba memberikan Teknik – Teknik yang bisa digunakan agar berjalannya kelas CBL bisa berjalan dengan baik yaitu salah satunya adalah beliau mengatakan idealnya 1 kelas CBL berisi 30 sampai 40 mahasiswa yang kemudian dibentuk menjadi beberapa kelompok yang berisikan 5 mahasiswa tiap kelompoknya.

            Sesi berikutnya adalah sesi breakout room, yaitu ibu marisa membagi para peserta menjadi 9 kelompok (breakout room) dimana pada breakout room tersebut para peserta harus berdiskusi terkait case mobil pintar yang diciptakan oleh Volkswagen. Tiap kelompok harus berdiskusi dan memberikan inovasi terkait mobil pintar agar dapat dikembangkan sehingga bisa mempermudah kehidupan manusia di masa depan. Berikut adalah beberapa kegiatan di breakout room yang berhasil di liput.

Gambar 3. Sesi Breakout Room A

Gambar 4. Sesi Breakout Room B

Setelah sesi breakout room selesai, para peserta kembali ke main room untuk menjabarkan hasil diskusi dari masing – masing kelompok. Berikut adalah hasil diskusi dari setiap kelompok dan terlihat banyak sekali inovasi – inovasi yang sangat menarik.

Gambar 5. Hasil diskusi dari setiap kelompok

Setelah selesai melakukan penjabaran terkait hasil diskusi, kegiatan berikutnya adalah ibu marisa mengadakan live quiz menggunakan website slido.com dan meminta para peserta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan case yang telah dibahas sebelumnya

Gambar 6. Sesi Live Quiz

Setelah sesi live quiz selesai, ibu marisa kembali mengadakan sesi tanya jawab dan cukup banyak peserta yang bertanya. Setelah sesi tanya jawab, Ibu Marisa mengajak peserta training untuk membuat story board yang dapat digunakan sebagai panduan untuk mengajar secara case based learning, dan mendiskusikan hasil dari storyboard yang telah dibuat oleh beberapa kelompok dengn mengambil contoh salah satu session dari mata kuliah.

Gambar 7. Sesi pembahasan storyboard

Kemudian di akhir sesi melakukan foto Bersama dengan menghidupkan kamera yang dilanjutkan dengan penutupan kegiatan SIS FM Development Week pada hari tersebut. Melihat dari antusiasme para faculty member yang mengikuti kegiatan ini diharapkan bisa bermanfaat dalam rangka pengembangan diri serta memberikan insight baru yang bisa berguna bagi para faculty member dalam melakukan pengajaran online untuk case-based learning sehingga mahasiswa bisa mengikutinya dengan baik.

Berikut adalah beberapa Screenshot Acara : 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close