School of Information Systems

3D Printing

Pencetakan 3D, juga dikenal sebagai manufaktur aditif, adalah proses pencetakan, lapis demi lapis, objek tiga dimensi berdasarkan file digital. Dalam printer 3D, satu atau lebih print head mengeluarkan sejumlah kecil bahan di lokasi yang tepat untuk membuat objek poin demi poin dari bawah ke atas.

Hari ini kita dapat mencetak 3D dalam warna penuh dan di lebih dari 250 bahan yang berbeda mulai dari titanium hingga karet, plastik, gelas, keramik, kulit, dan bahkan cokelat. Printer 3D dapat membuat struktur bahan campuran yang sangat kompleks dan mencetak hampir semua hal, dari mesin jet hingga perhiasan hingga rumah dan bahkan prosthetics medis.

Pencetakan 3D mengubah seluruh proses pembuatan. Kustomisasi dan kerumitan datang secara gratis dan pembuatan kustom berskala besar tidak ada masalah. Manufaktur aditif juga menghemat biaya yang luar biasa, membutuhkan sedikitnya 10% dari bahan baku yang dikeluarkan dalam pembuatan tradisional dan menghilangkan kebutuhan akan persediaan.

Pada akhirnya, pencetakan 3D mendematerialisasikan, mendemonstrasikan, dan mendemokratisasikan manufaktur dan mengubah kita semua menjadi pencipta. Jika Anda atau pelanggan Anda dalam bisnis membuat sesuatu, pencetakan 3D akan mengganggu industri dan bisnis Anda.

Avi menjelaskan, “Kami sekarang dapat mencetak dalam warna penuh, yang berarti lebih dari satu juta kombinasi warna berbeda dalam satu cetakan. Kami juga dapat mencetak dalam 250 bahan yang berbeda. Ini tidak pernah mungkin, dan dengan kemampuan untuk mencetak banyak, banyak bahan baru dan kombinasi darinya, peluang kreatif hampir tidak terbatas. ”

Para peneliti telah secara meyakinkan menunjukkan bahwa organ sederhana dan jaringan kompleks sekarang dapat dicetak 3D. Dengan memanen sel punca kita sendiri, melipatgandakannya, dan kemudian menyimpannya ke perancah kolagen dari organ yang diinginkan, sel-sel ajaib ini tumbuh menjadi organ fungsional yang dapat ditanamkan sepenuhnya.

Avi meramalkan, “Dalam tujuh hingga 10 tahun, kita akan berada dalam bisnis untuk mengganti bagian dan organ yang tidak akan ditolak tubuh kita, dan mungkin kita akan memiliki organ yang bahkan lebih baik daripada yang kita miliki sejak lahir.”

Pada saat yang sama, mengapa tidak “mencetak” biosensor ke hati atau hati Anda untuk memantau kesehatannya dan menyediakan data terus menerus?

REFERENCES :

https://medium.com/abundance-insights/3d-printing-technology-convergence-8f84b54e6b77

Lay Christian