School of Information Systems

Kuliah Sambil Bekerja

Kuliah sambil bekerja? Kamu salah satunya? hal ini cukup banyak dilakukan oleh mahasiswa dan bukan merupakan hal yang salah. Beberapa motivasi mahasiswa melakukan kuliah sambil bekerja, seperti menambah uang jajan, mencari pengalaman dan lainnya. Kuliah sambil bekerja memang tidak mudah, banyak hal-hal yang harus dikorbankan salah satunya adalah me time. Namun dibalik semua hal tersebut, kuliah sambil bekerja memiliki beberapa manfaat :

  • Memperluas koneksi

Ketika menjalani perkuliahan, kita bertemu dengan teman-teman kuliah dan ketika di tempat kerja, kita bertemu dengan rekan kerja. Hal ini tentu saja membuat lingkungan pertemanan kita menjadi lebih luas. Banyak hal yang dapat kita pelajari dan bisa saling bertukar pikiran dan tentu saja, memperluas koneksi.

  • Punya nilai lebih? sudah pasti

Di kelas perkuliahan kita mendengarkan materi perkuliahan dari dosen, dan ketika bekerja kita dapat mempraktekkan ilmu perkuliahan yang sudah kita dapat. Secara tidak langsung, pengalaman kita semakin hari semakin diasah, bertambah dan menjadi nilai lebih.

  • Menghargai waktu

Sepulang kerja, kita masih harus menyelesaikan tugas-tugas kuliah, sehingga butuh time management yang baik. Hal ini dapat menyadarkan kita bahwa waktu itu sangat berharga, sehingga kita tidak menyia-nyiakan kehidupan kita untuk hal-hal yang tidak berguna.

  • Tanggung jawab

Kita mendapatkan tugas ketika kuliah dan mendapatkan pekerjaan pada saat bekerja. Hal ini dapat melatih kita menjadi orang yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan apa yang harus kita selesaikan.

  • Terbiasa dengan tekanan

Kuliah sambil bekerja tentu tidak mudah, mendapatkan tugas banyak, deadline pekerjaan mepet, namun kita harus menyelesaikannya untuk dapat selesai dalam waktu yang bersamaan. Ternyata hal ini dapat membuat kita terbiasa dengan tekanan.

  • Tidak kaget dengan dunia kerja

Karena sudah terbiasa dengan dunia kerja, sehingga setelah lulus dan mulai bekerja, akan lebih mudah untuk kita berinteraksi dengan dunia pekerjaan, karena kita sudah terbiasa dan bisa lebih cepat beradaptasi.

Risky Tri Sandi