School of Information Systems

Indosat Ooredoo dan Facebook Edukasi Masyarakat agar Bijak Saat Berinternet

https://www.liputan6.com/tekno/read/4086626/indosat-ooredoo-dan-facebook-edukasi-masyarakat-agar-bijak-saat-berinternet

15 Okt 2019; Agustinus Mario Damar

Indosat Ooredoo baru saja mengumumkan kampanye baru yang digodok bersama Facebook. Kampanye bernama “Internet 101” ini ditujukan untuk membantu masyarakat yang pertama kali mengakses internet agar dapat mengoptimalkan pemakaiannya.

“Kami tahu internet memiliki kemampuan meningkatkan kehidupan masyarakat, tapi di Indonesia belum semua dapat mengaksesnya,” tutur President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama, saat peluncuran Internet 101 di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

“Karenanya, kami bersama Facebook menghadirkan kampanye ini untuk membantu masyarakat memanfaatkan internet dengan optimal,” jelasnya. Untuk diketahui, kampanye ‘Internet 101’ merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) di pilar edukasi.

Jadi, kampanye ini hadir untuk mengisi kesenjangan antara pengguna internet yang sudah fasih dan pengguna perdana termasuk pengguna yang masih jarang mengaksesnya. Terlebih, data dari GSMA Mobile Economy Report 2019, memprediksi penetrasi internet mobile di Indonesia tumbuh hingga 69 persen pada 2025. Dengan kata lain, ada sekitar 24 juta masyarakat Indonesia yang akan masuk ke ranah online. “Apa yang kami lakukan bersama Indosat Ooredoo ini ingin menunjukkan pada masyarakat bahwa internet dapat mengubah kehidupan. Namun tidak hanya itu, mereka juga dapat mengaksesnya secara bertanggung jawab,” tutur VP Global Mobile Partnership Facebook, Fransisco Varela.

Adapun dalam kolaborasi ini, baik Indosat Ooredoo dan Facebook akan memainkan peranan berbeda. Indosat Ooredoo sebagai operator telekomunikasi akan menunjang program dengan dukungan jaringannya, sedangkan Facebook menyediakan materi sekaligus informasi mengenai penggunaan internet yang sehat dan tepat guna.

Dalam program, Indosat Ooredoo turut bekerja sama dengan outlet atau mitra ritelnya di daerah-daerah. Sebab, mereka yang akan mengemban tugas untuk menyebarluaskan informasi mengenai pemanfaatan internet secara tepat guna ini ke masyarakat.

Untuk sekarang, Indosat Ooredoo masih menyasar wilayah Sulawesi dan Kalimantan, termasuk beberapa daerah di Pulau Jawa dalam pelaksanaan program ini. Daerah-daerah itu dipilih Indosat Ooredoo untuk pelaksanaan program ini, sebab dianggap masih memiliki penetrasi internet yang rendah.

Mochamad Wahyu Hidayat