School of Information Systems

User Research

Mendengar kata user research, tentu sudah bisa ditebak kalau hal ini berhubungan dengan bagaimana kita mencari tahu kebutuhan pengguna. User research merupakan salah satu hal penting dalam User Experience (UX).

Interaction design mendefinisikan user research sebagai studi metodis dari pengguna target — termasuk need dan pains mereka — sehingga desainer memiliki wawasan paling tajam untuk bekerja dengan membuat desain terbaik. Peneliti pengguna menggunakan berbagai metode untuk mengungkap masalah dan peluang desain, dan menemukan informasi penting untuk digunakan dalam proses desain mereka.

Menurut carefoundy, User Research adalah Penelitian pengalaman pengguna adalah penyelidikan sistematis dari pengguna Anda untuk mengumpulkan wawasan yang akan menginformasikan proses desain. Dengan bantuan berbagai teknik penelitian pengguna, Anda akan berupaya memahami kebutuhan, perilaku, sikap, dan poin-poin pengguna Anda. Biasanya dilakukan pada awal proyek – tetapi juga sangat berharga di seluruh proyek – itu mencakup berbagai jenis metodologi penelitian untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dalam kaitannya dengan produk atau layanan Anda.

User research berfokus pada memahami perilaku, kebutuhan, dan motivasi pengguna melalui teknik observasi, analisis tugas, dan metodologi umpan balik lainnya. Hal tersebut dapat dikatakn bahwa itu adalah “proses memahami dampak desain pada audiens.”

User Research adalah proses berulang, siklus di mana pengamatan mengidentifikasi ruang masalah untuk solusi yang diusulkan. Dari proposal ini, solusi desain diujicobakan dan kemudian diuji dengan kelompok pengguna sasaran. Proses ini diulang sebanyak yang diperlukan

Beberapa keuntungan dari User Research adalah membantu Anda memahami masalah yang Anda coba selesaikan; itu memberi tahu Anda siapa pengguna Anda, dalam konteks apa mereka akan menggunakan produk atau layanan Anda, dan pada akhirnya, apa yang mereka butuhkan dari Anda, sang desainer! User Research memastikan bahwa Anda merancang dengan mempertimbangkan pengguna, yang merupakan kunci jika Anda ingin membuat produk yang sukses.

Menurut carefoundy, user research terbagi menjadi beberapa metode berikut ini :

  • Metode Kualitatif:
    • Guerrilla testing
    • Wawancara:
    • Focus Group
  • Field Studies:
  • In-Lab Testing
  • Card Sorting
  • Metode kuantitatif:
  • User Survey:
  • First click testing
  • Eye Tracking
  • Heatmapping
  • Web Analytics
  • A/B Testing

REFERENSI

Evaristud Didik Madyatmadja