School of Information Systems

Information Life Management (ILM)

Data Life Management (DLM) dan Information Life Management (ILM) sering digunakan secara bergantian dalam pengelolaan sistem informasi, namun, mereka memiliki perbedaan. Information Life Management (ILM) merupakan upaya untuk mengawasi data yang dimualai dari pembuatan sampai penghapusan untuk mengoptimalkan manfaat data, menurunkan biaya, dan meminimalkan risiko hukum dan kepatuhan yang mungkin timbul melalui data tersebut. ILM sendiri terdiri dari strategi, proses, dan teknologi yang akan digunakan untuk mengelola informasi secara efektif, kapan menggabungkannya, hal yang mendorong peningkatan kontrol atas informasi perusahaan untuk mengoptimalkan penyimpanan dan strategi sehingga dapat meningkatkan kualitas dan keamanan data.

            Pada umumnya, perusahaan memiliki volume data yang cukup besar, dengan adanya penerapan ILM dapat membantu perusahaan untuk mencegah biaya penyimpanan yang tidak terkendali, mengontrol pertumbuhan data, dan mendukung kinerja yang lebih baik. Berikut adalah keuntungan bagi perusahaan yang menerapkan ILM:

  1. Meminimalisir risiko: dengan adanya pengurangan volume informasi yang tidak diperlukan atau kadaluarsa, dapat membuat informasi menjadi lebih mudah dikelola dan ditemukan, mengurangi risiko yang tidak menguntungkan, dan dalam pencarian informasi dengan menggunakan ESI dapat mengurangi kumungkian missing critical information.
  2. Menghemat biaya: dengan adanya penerapan ILM dapat mengurangi biaya untuk eDiscovery, penyimpanan, dan biaya legal. Selain itu, dapat meningkatan peluang untuk menemukan informasi secara tepat waktu dan mengurangi cakupan keseluruhan pencarian dengan mengurangi sampah digital/ digital debris.
  3. Meningkatkan layanan: dengan adanya pengarsipan, eDiscovery, dan records management memungkinkan mengurangi gangguan dari IT dan hukum sehingga IT, hukum, dan bisnis dapat fokus pada pelanggan dan menjalankan strategi bisnis.
  4. Tata kaelola yang lebih efektif: dengan adanya penerapan ILM dapat memberikan bonus kepada perusahaan dari peningkatan pengelolaan informasi dengan ketelitian dan kendali manajemen dari seluruh bisnis.

Sources:

https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/us/Documents/finance/us-advisory-information-lifecycle-management.pdf

https://www.informatica.com/services-and-training/glossary-of-terms/information-lifecycle-management-definition.html

Riyanti Teresa Tedja