School of Information Systems

Tipe Visualisasi di TIBCO Spotfire

Apa itu TIBCO Spotfire?

TIBCO Spotfire merupakan saah satu produk buatan TIBCO yang berfokus pada data visualization, bertujuan untuk menyediakan data angka atau statistik dalam bentuk visualisasi yang interaktif. Platform ini membantu pengguna/bisnis untuk mengubah data mereka menjadi suatu insights yang kuat dengan mudah dan dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini akan mempercepat proses analisis data di seluruh organisasi untuk pengambilan keputusan yang lebih cepat, lebih percaya diri, dan lebih akurat.

Beberapa tipe visualisasi yang ada di TIBCO Spotfire

  1. Table

Menyajikan data dalam bentuk baris dan kolom. Digunakan untuk melihat data secara lebih detail dan membandingkan nilai-nilai yan ada pada suatu table.

  1. Cross Table

Cross table digunakan untuk menyusun, meringkas, dan menampilkan data dalam jumlah besar. Dan juga untuk menentukan apakah ada hubungan antara variabel baris dan variabel kolom.

  1. Bar Chart

Menyajikan data menggunakan beberapa bagian bar dengan lebar yang sama, dimana masing-masing bar mewakili kategori tertentu. Contohnya: mewakili kelompok usia atau lokasi geografis.

  1. Line Chart

Meringkas kumpulan titik data sampel, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk kurva atau garis lurus. Line chart coock digunakan untuk menampilkan tren dari waktu ke waktu.

  1. Combination Chart

Menggabungkan bar chart dan line chart yang masing-masing mewakili kategori tertentu. Dapat berguna saat membandingkan nilai dalam kategori yang berbeda

  1. Scatter Plot

Memplot titik data pada suatu sumbu horizontal (X) dan vertical (Y) untuk menunjukkan seberapa besar satu variabel dipengaruhi oleh variabel lainnya.

  1. Pie Chart

Grafik berbentuk lingkaran yang dibagi menjadi beberapa sector. Setiap sector pie menampilkan ukuran dari beberapa informasi terkait. Digunakan untuk menunjukkan ukuran relative tiap bagian dari keseluruhan pie chart.

Arvira Swarnadwitya